TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SOSIALISASI PENANGGULANGAN KANKER : “SEHATKAN PEREMPUAN INDONESIA”

By 27 Oct 2014 16:44Kodam XII/Tanjungpura
20141024a

Samarinda, Jajaran Ibu-ibu PNS dan Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Korem 091/Asn PD VI/Mulawarman Samarinda mengikuti acara seminar tentang “Gerakan Nasional Promotif dan Preventif Deteksi Dini Kanker Leher Rahim”, dengan Tema “Sehatkan Perempuan Indonesia” bertempat di ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Jum,at (24/10).

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular yang semakin sering dijumpai di Indonesia. Kanker leher rahim dan kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak dijumpai di Indonesia. Pengobatan penyakit kanker membutuhkan biaya yang sangat besar sehingga pada akhirnya akan menjadi beban perekonomian negara dan masyarakat terutama keluarga dan penderita.

Perlu kita ketahui bersama bahwa penyebaran penyakit kanker di dunia terus meningkat sebagai akibat dari perubahan perilaku dan gaya hidup yang beresiko dan meningkatnya pencemaran lingkungan akibat industrialisasi.

Berdasarkan data ada 13% kematian penduduk dunia disebabkan kanker. Apabila tidak dilakukan pengendalian, maka diperkirakan 26 juta orang akan menderita kanker dan 17 juta diantaranya meninggal dunia.

Upaya pencegahan yang utama adalah mencegah dan menghindarkan masyarakat terpapar dari faktor-faktor resiko yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker diikuti dengan Penyelenggaraan Pelayanan Deteksi Dini, seperti yang diungkapkan oleh Dr.Sri Montessori, SP.

Acara yang berlangsung selama ± 3,5 jam tersebut dihadiri peserta sebanyak 360 orang dengan narasumber Dr. Sri Montessori, SP dan diakhiri tanya jawab dan pemberian souvenir. (Penrem 091/ASN)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SOSIALISASI PENANGGULANGAN KANKER : “SEHATKAN PEREMPUAN INDONESIA”