TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI MEMBERIKAN PENGOBATAN GRATIS KEPADA MASYARAKAT LAMPUNG

By 03 Oct 2014 00:54Kodam II/Sriwijaya
PEN_2233

Sebanyak 400 orang warga masyarakat Lampung pagi tadi mendatangi RS. DKT Bandar Lampung, guna mendapatkan pengobatan umum dan pelayanan KB secara gratis oleh TNI. Kegiatan bhakti sosial kesehatan ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT TNI Ke 69 Tahun 2014 yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 2 Oktober 2014 di Denkesyah Rem 043/Gatam.

Dalam sambutannya, Komandan Korem 043/Gatam, Kolonel Arm Drs. Winarto, M.Hummengatakan bahwa kegiatan bhakti sosial ini, merupakan salah satu wujud kesetiakawanan sosial dan kepedulian Keluarga Besar TNI, dalam upaya membantu meringankan beban masyarakat Lampung yang berhubungan dengan kesehatan serta sebagai wujud nyata rasa kebersamaan dan rasa senasib sepenanggungan TNI dengan masyarakat.

Oleh sebab itu, TNI sebagai bagian dari komponen bangsa ikut peduli terhadap kondisi ini. Rasa kepedulian tersebut dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan nyata, yang langsung menyentuh kepada kepentingan masyarakat untuk membantu meringankan beban masyarakat dengan melalui pelaksanaan kegiatan bhakti sosial, yaitu berupa pengobatan massal dan pelayanan KB, ujar Danrem.

Hal senada juga disampaikan pula oleh Danrem, bahwa dengan memiliki rasa kebersamaan dan rasa senasib sepenanggungan ini merupakan warisan luhur budaya Bangsa Indonesia, yang perlu dipupuk dan dibina secara terus menerus. Karena dengan cara seperti itulah, akan menumbuhkan dan mempererat kesetiakawanan sosial diantara kita, dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadir pada Acara bhakti sosial tersebut, Danlanal Lampung,Danbrigif 3 Marinir Piabung,Danlanud ATK Menggala,Staf Redaksi Indosiar, Kasih Peduli, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung,Kepala BKKBN Provinsi Lampung,Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala BKKBN Kota Bandar Lampung,Kasrem dan Para Kasi Korem 043/Gatam,Dandim 0410/Kota Bandar Lampung,Dan / Ka Satdisjan Jajaran Korem 043/Gatam,Danyonif 143/Tri Wira Eka jaya,Ketua Dharma Pertiwi beserta Pengurus dan warga Masyarakat Kota Bandar Lampung.Selesai acara, dilanjutkan Danrem meninjau kegiatan pengobatan dan pelayanan KB secara langsung.

Perlu saya sampaikan, bahwa dalam rangka memperingati HUT Ke-69 TNI Tahun 2014 kali ini, telah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, termasuk diantaranya kegiatan bhakti sosialyang kita lakukan pada hari ini.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, dimana dalam melaksanakan tugas pokoknya TNI melaksanakan tugas Operasi Militer Untuk Perang dan Operasi Militer Selain Perang. Dalam tugas Operasi Militer Selain Perang diantaranya adalah membantu Pemerintah Daerah sesuai permintaan, yang implementasinya adalah membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui kegiatan bhakti sosial ini.

Dalam perspektif TNI dan pertahanan negara, bhakti sosial seperti ini ditujukan untuk memberdayakan dan mewujudkanketahanan wilayah, dalam rangka ketahanan nasional yang kuat dan tangguh. Disinilah terjadi hubungan yang bersifat “simbiosis mutualisme“ (saling membutuhkan), antara peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan ketahanan nasional.

Tingginya komitmen TNI dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dilatarbelakangi oleh persoalan kependudukan, terutama besarnya jumlah penduduk dengan kualitas kesehatan yang rendah. Apabila keadaan ini tidak ditangani secara serius, maka dikhawatirkan akan menjadi masalah bagi bangsa dan negara. Penduduk yang berkualitas dalam matra pertahanan rakyat semesta adalah aset, namun bila kualitasnya rendah, justru sebaliknya akan menjadi kelemahan terhadap keamanan dalam negeri.
Melalui kesempatan yang berbahagia ini, Selaku Komandan Korem 043/Gatam, saya mengajak kepada masyarakat yang hadir,agar dapat memanfaatkan kegiatan bhakti sosial ini dengan sebaik-baiknya.

Seluruh prajurit dan PNS Jajaran Korem 043/Gatam Se- Kota Bandar Lampung melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila, pada hari Rabu, tanggal 1 Oktober 2014, pukul : 07.00 WIB bertempat di Lapangan saburai Bandar Lampung.

Selaku IRUP pada Upacara Kesaktian Pancasila, Komandan Korem 043/Gatam, Kolonel Arm Drs. Winarto, M.Hum. Hadir pada Upacara, Kasrem 043/Gatam, Dandim 0410/KBL, Dan / Ka Satdisjan Jajaran Korem 043/Gatam, Para Kasi Korem 043/Gatam, serta Dan / Ka Balak Korem 043/Gatam.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI MEMBERIKAN PENGOBATAN GRATIS KEPADA MASYARAKAT LAMPUNG