TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Uji Siap Tempur (UST) Baterai Tempur A Yonarmed 16/105 Tarik TA. 2014

By 02 Oct 2014 03:16Kodam XII/Tanjungpura
Arm-lal2

Singkawang (30/9). Bertempat di Singkawang komplek Rindam XII/Tpr, dalam menindak lanjuti Surat Perintah Pangdam XII/Tpr Nomor : Sprin /1385/VIII/2014 tanggal 27 Agustus 2014 tentang perintah merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan UST Rai Yonarmed 16/105 Tarik melaksanakan Uji Siap Tempur ( UST ) tingkat Baterai pada tanggal 27 sd. 30 September 2014. Latihan yang melibatkan 167 prajurit dan 6 pucuk meriam 105 serta alat perlengkapan tempur lainnya. Selain melatih keterampilan pasukan, kegiatan tersebut juga bertujuan menguji kesiapan tempur satuan setingkat Baterai dalam melaksanakan operasi.

Batalyon Armed 16/105 Tarik mempunyai tugas pokok memberikan bantuan tembakan secara kontinyu dan tepat pada waktunya, kepada satuan yang dibantu dengan cara menghancurkan dan menetralisir sasaran-sasaran yang mengganggu tercapainya tugas pokok satuan yang dibantu, dalam berbagai Operasi Tempur Darat.

Dalam mendukung tugas pokok tersebut, kemampuan personel dalam pengoprasian persenjataan maupun dalam pengelolaan administrasi dan koordinasi harus dimiliki oleh setiap prajurit Armed. Uji Siap Tempur ( UST ) tingkat Baterai merupakan salah satu proses dari rangkaian kegiatan yang dimulai dari latihan sebelumnya baik tingkat perorangan/ kelompok dan satuan yang disesuaikan dengan siklus latihan. Maka dari itu penyelenggaraan UST tingkat Baterai dilaksanakan untuk melihat hasil yang telah dicapai dalam latihan sebelumnya, sekaligus mengukur tingkat kesiapan tempur Baterai Armed.

Penyelenggaraan Uji Siap Tempur (UST) tingkat Baterai Yonarmed 16/105 Tarik dilaksanakan juga untuk mengetahui kemampuan perorangan setiap pejabat dalam Baterai (Pok Peninjau, Pok Pibak dan Pok Satbak) yang didukung oleh prosedur komunikasi, Kurmed dan pengamanan dalam latihan. Adapun obyek penilaian adalah dari segi tehnik dan taktik mulai dari bergerak dari Home Base Ngabang sampai dengan sasaran dapat dihancurkan.

Pada upacara penutupan latihan Pangdam XII/Tpr melalui Kabaglat Rindam XII/Tpr Letkol Inf Lukman menekankan kepada seluruh prajurit Yonarmed 16/105 agar kemampuan yang telah dimiliki, terus dipelihara dan ditingkatkan, sehingga senantiasa memiliki kesiapan dan kesiagaan operasional untuk melaksanakan tugas pokok satuan, sebagai satuan Artileri Medan yang merupakan kelompok Satbak harus selalu berpedoman dengan Motto Artileri Medan yaitu bijak dalam menentukan prioritas sasaran, cepat dalam melaksanakan penembakan pada sasaran dan teliti dalam mengolah koordinat yang dirubah menjadi data tembak sehingga tugas Baterai dapat dilaksanakan dengan baik.

Diharapkan dalam pelaksanaan Uji Siap Tempur ( UST ) tingkat Baterai Yonarmed 16/105 Tarik nanti dapat mencapai hasil yang optimal maka harus direncanakan dengan baik sebagai pedoman dalam penyelenggaraan latihan nanti, ungkapnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Uji Siap Tempur (UST) Baterai Tempur A Yonarmed 16/105 Tarik TA. 2014