TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

200 Siswa SMA Se-Nagan Raya Ikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

By 25 Nov 2014 02:20Kodam Iskandar Muda
_DSC0149

Koordinator Daerah (Korda) Provinsi Aceh Kementerian Pertahanan RI Kolonel Kav Bambang Sugiharto,SE.MM melaksanakan lawatannya ke Kodim 0116/Nagan Raya dalam rangka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yg diikuti oleh 200 siswa SMA se Kab. Nagan Raya di Makodim 0116/Nara,Suka Makmue,21/11.

Dalam sambutannya Kol Kav Bambang Sugiharto SE.MM menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan dan cinta tanah air sekarang ini mengalami kemerosotan. Hal ini terbukti dengan menurunnya pengamalan implementasi dari nilai kejuangan. Untuk perlu adanya rangsangan yang intensif kepada generasi muda, seperti halnya yang dilaksanakan saat ini. sebelumnya telah dilaksanakan Parade Cinta Tanah air yang diikuti oleh pelajar se Prov. Aceh. Serta Diskusi tentang wawasan kebangsaan di tingkat mahasiswa.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi wawasan Kebangsaan oleh Dandim 0116/Nara kepada para Staf ,Danramil dan ratusan siswa SMA se Nagan Raya .

Dalam paparannya Dandim 0116/Nara menyatakan bahwa generasi muda harus membangun karakter yang kuat demi menjaga kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, punya wawasan kebangsaan yang tinggi sehingga dapat menangkal segala ancaman,tantangan,hambatan dan gangguan dari pihak luar. Dihadapkan dengan situasi global yang tidak menentu.peran pemuda sangat strategis utuk mampu berkompetisi disegala bidang yang meliputi aspek ipoleksosbud.

Kepada para siswa Dandim memaparkan mengapa pemuda diberikan pengertian tentang pengetahuan perang masa kini yang terjadi dibelahan dunia /belajar perang , karena didunia ini hanya ada dua macam pilihan hidup yaitu damai dan perang.‎

Perang yang efektif yang digunakan oleh negara maju sekarang ini adalah proxy war yang sebelumnya menggunakan perang konvensional (antara dua prajurit berhadapan langsung) yang kita kenal dalam perang dunia pertama dan kedua yang membutuhkan banyak prajurit dan biaya sangat besar.

Namun dalam perang modern sekarang ini dengan menggunakan proxy war tidak membutuhkan banyak prajurit atau menerjunkan prajuritnya langsung kemedan perang untuk menguasai suatu negara cukup dengan pihak ketiga ataupun melalui aspek lainnya.

Dengan pengertian dan wawasan yang telah diberikan, diharapkan para pemuda mempunyai pemahaman dan berwawasan kebangsaan yang luas karena mereka adalah calon Pemimpin, orang tua masa depan bangsa yang akan membuat jalan dan mencetak generasi bangsa menuju negara yang maju dan besar harapan kita semua.

Selain itu pemuda diharapkan mampu menghadapi tantangan kedepan dan dapat membawa kontribusi yang positif bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara karena itu semu‎. Setelah pemberian materi kegiatan Kolonel Kav Bambang Sugiharto menyerahkan cindera mata dan bantuan dari kemenhan berupa peralatan olahraga kepada perwakilan masing2 sekolah.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Tips Kesehatan Pengumuman Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

200 Siswa SMA Se-Nagan Raya Ikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan