TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

48 Warga Baru PSHT Disahkan Di Makorem 045/Gaya

By 25 Nov 2014 16:51Kodam II/Sriwijaya
DSC_4708

Bangka Tengah, Setidaknya ada 48 ayam jago disedekahkan dalam tradisi pengesahan warga baru (calon warga tingkat satu) untuk Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2014yang dilaksanakan di Markas Korem 045/Garuda Jaya Sabtu 22/11/2014.

Ke 48 calon warga Persaudaraan Setia Terate ini Jumat mulai berdatangan ke Makorem 045/Gaya dengan membawa satu ayam jago setiap orang sebagai syarat untuk menjadi anggota PSHT. Kedatangan mereka disambut dan diterima langsung oleh Kasrem Letkol Inf Eko Prayitno yang jabatan dalam organisasi PSHT sebagai Dewan Pengesah, selanjutnya melaksanakan persiapan untuk mensakralkan penerimaan warga baru ini.

Sebelum disedekahkan, ayam jago ini terlebih dahulu diperiksa oleh empat orang dewan Pengesah tingkat II PSHT antara lain Ir Bambang Suseno Jabatan Koorwil Sumsel, Letkol Inf Eko Prayitno, Karmun dan M Ali Hanafiah masing-masing jabatan sebagai Dewan Pengesah PSHT Sumatera Selatan. Bagian ayam yang diperiksa terutama kesehatannya, apakah cacat atau tidak selanjutnya diperiksa mulai dari leher, mata, kaki, bulu hingga ke kaki serta ukuran ayama jago dengan tentunya tidak boleh kecil.

Menurut salah satu Dewan M. Ali Hanafiah ayam yang disedekahkan adalah ayam yang terbaik dengan kategori sehat tidak cacat dan tidak boleh kecil, oleh karena itu harus diperiksa terlebih dahulu apakah layak atau tidak. Kita harus periksa semua mulai dari mata, leher, kaki, bulu dan kuku diperiksa dengan baik tidak boleh yang cacat bila tidak memenuhi criteria harus diganti dengan ayam jago yang lain. Tegasnya. Setelah diperiksa dan layak maka ayam jago ini akan disembelih dan dibersihkan bulunya serta dipotong-potong dan dimasak oleh calon warga PSHT itu sendiri dengan harapan calon warga ini bisa mandiri.

Malamnya adalah puncak acara pengesahan warga baru PSHT yang dihadiri oleh seluruh anggota PSHT yang ada di Bangka Belitung. Stidaknya ada 300 pendekar yang hadir dalam kegiatan tersebut, Ritual pengesahan warga baru ini sangat sakral, ini bisa dilihat dalam pelaksanaannya hingga pukul 04 00 Wib pada minggu 23/11/2014 baru selesai. Puncak pengesahan calon warga Persaudaran Setia Hati Terate ini mengundang para tokoh masyarakat dan tokoh agama serta aparat pemerintah beserta masyarakat yang ada disekitar Makorem 045/Gaya.(Penrem 045/Gaya)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

48 Warga Baru PSHT Disahkan Di Makorem 045/Gaya