Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Dandim 0110/Abdya Beri Wawasan Kebangsaan Bela Negara

Dibaca: 3976 Oleh 05 Nov 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodim 0110/Abdya memeberikan pembekalan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada SMA Tunas Bangsa  dalam rangka antisipasi ancaman masa depan bagi generasi muda bertempat di Aula SMA Tunas Bangsa Ds. Ujung padang Kecamatan Susoh Kabupaten Abdya.Senin (3/11).

Dandim 0110/Abdya mengatakan, kondisi wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan dan ini harus menjadi perhatian kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini, Apalagi dihadapkan dengan era globalisasi saat ini semakin banyaknya ancaman multi dimensi yang tidak kelihatan serta berkembangnya kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah di wilayah NKRI. Oleh karena itu kepada generasi muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan dan ditanamkan kembali tentang Wawasan Kebangsaan / Bela Negara sejak dini ini. Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia, kata Dandim 0110/Abdya.

Dalam materi, Dandim 0110/Abdya menjelaskan 4 Pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta 3 Unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. Rasa kebangsaan merupakan wujud dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara negara-negara di dunia. Paham kebangsaan merupakan Komitmen bersama yang benar-benar dilandasi semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan. Sedangkan Semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara Rasa dan Semangat kebangsaan akan terpancar dari kwalitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi ancaman.

Baca juga:  Kodim 0110/Abdya Tingkatkan Daya Serap Bulog Terhadap Beras Petani

Acara sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMU Tunas Harapan  Zainal Amri S.Pd, Danramil 04/Susoh Kapten Inf M.Latif, Para dewan guru dan murid SMU Tunas Harapan Abdya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel