TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANDIM 0405/LAHAT : ANGGOTA PRAMUKA DIAJARI MENEMBAK

By 20 Nov 2014 17:34Kodam II/Sriwijaya
DIM 0405 PRAMUKA MENEMBAK

Komando Distrik Militer (Kodim) 0405 Lahat mengelar latihan menembak yang diikuti 37 anggota Penegak dan Pandega peserta Perkemahan Bakti Pramuka 2014, Kartika ke-XIX, kemarin (18/11).

Pelatihan yang dipusatkan di lapangan tembak Kodim 0405 Lahat itu, dipimpin oleh Kasdim 0405 Lahat Mayor (Inf) Encep Yadi Mulyadi beserta sejumlah pelatih. Kegiatan dalam rangka pelatihan Kader Bela Negara ini dilaksanakan selama tiga hari, di sejumlah lokasi berbeda di Kabupaten Lahat.

Dandim 0405 Lahat Letkol Inf Tri Haksoro, melalui Kasdim Mayor Inf Encep Yadi Mulyadi, menjelaskan, selain latihan menembak, pihaknya juga memberikan materi PBB (Peraturan Baris Berbaris), PPN (Peraturan Penghormatan Negara), wawasan kebangsaan, outbond, olahraga permainan, dan beberapa materi lainnya.

“Untuk latihan menembak, anggota pramuka kita ajarkan cara menembak dasar, seperti sikap tiarap dengan jarak tembak sejauh 100 meter,” ujar Kasdim.

Lebih jauh Kasdim menjelaskan, tujuan Pelatihan Kader Bela Negara tersebut untuk membekali generasi muda terutama anggota pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan sebagai Kader Bela Bangsa.

“Generasi muda harus disiapkan sebagai Kader Bela Bangsa. Ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan di bidang militer,” paparnya.

Kasdim menambahkan, diakhir kegiatan para peserta pelatihan akan diberikan sertifikat dari Kasad TNI AD dan kartu anggota Kader Bela Negara. “Selain disini (lapangan tembak), pelatihan akan dilaksanakan di wilayah Koramil 09 Kota Agung Kabupaten Lahat,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta Pelatihan Kader Bela Bangsa, Weni, mengaku senang bisa mengikuti pelatihan menembak bersama Kodim 0405 Lahat. Menurutnya, seumur-umur baru kali ini ia bisa memegang senjata dan menembak. “Latihannya seru, walaupun awalnya sempat kaget juga waktu dengar suara tembakan. tapi waktu diajari menembak, jadi lumayan paham gimana cara menembak,” ujarnya sembari tersenyum. HKY

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Berita Satuan Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANDIM 0405/LAHAT : ANGGOTA PRAMUKA DIAJARI MENEMBAK