TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANDIM 1006/MTP MENGIKUTI APEL SIAGA BENCANA NASIONAL TAGANA

By 08 Nov 2014 00:05Kodam Iskandar Muda
20141107c

Martapura, (5/11). Bertempat di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura, Dandim 1006/Mtp Letkol Inf Ade Eka Putra, S.I.P mengikuti Apel Siaga Bencana Nasional Tagana yang dipimpin langsung oleh Menteri Sosial Dra Hj Khofifah Indar Parawansa Msi dihadiri Kadis Sosial RI, Ka Basarnas RI, unsur Muspida TK I Kalsel, Bupati dan Walikota se Prov. Kalsel, Muspida Kab. Banjar, Muspida Kota Banjarbaru, Ka Basarnas se Indonesia, Danrindam VI/Mlw, Dirjen PSKBA, SKPD Prov. Kalsel, SKPD Kab. Banjar dan undangan lainnya.

Sebelum menyampaikan amanatnya Menteri Sosial RI menyerahkan bantuan sebesar Rp2,3 miliar, baik berupa uang tunai, paket sembako maupun kendaraan dan peralatan penanganan bencana,”

Pada kesempatan tersebut Menteri Sosial RI selaku pembina berpesan: Pertama, Mari kita tingkatkan semangat juang dan komitmen Tagana untuk berlomba dalam kebaikan, karena hanya dengan kerja keras, semangat juang dan dedikasi yang tinggi kita semua dapat memberikan yang terbaik bagi Nusa dan Bangsa.

Kedua, Tingkatkan keahlian Tagana lebih inovatif, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial bahwa perlindungan sosial terdiri dari bantuan sosial, advokasi sosial dan/atau bantuan hukum. Dalam hal ini saya melihat Tagana lebih banyak berkiprah pada bantuan sosial bagi korban bencana. Ini sudah baik sekali, apalagi anda adalah soerang relawan. Kedepan keahlian Tagana juga harus lebih berani mewarnai tentang advokasi sosial yang sebenarnya apabila kita kembangkan akan menjadi warna tersendiri tentang peran Kementerian Sosial RI dalam penanggulangan bencana.

Ketiga, Tagana dibentuk dengan tekad kemanusiaan dan kiprahnya juga untuk menolong korban bencana. Karenanya Tagana jangan dibawa ke rana politik praktis.

Keempat, Eksistensi Tagana sangat tergantung pada pembinanya di daerah, maka kreatifitas dan kemampuan mengelola Tagana dari para pembinanya sangat menentukan eksistensi Tagana ke depan. Untuk itulah tadi saya telah melakukan pengukuhan kepada Gubernur Kalimantan Selatan dan Para Bupati/Walikota se provinsi Kalimantan Selatan. Selamat kepada Gubernur dan para Bupati/Walikota se-provinsi Kalimantan Selatan. Kami menitipkan anak-anak ku Tagana kepada para pembinanya. Tidak kurang dari 700 personil Tagana aktif dalam penanggulangan bencana di provinsi Kalimantan Selatan.

Kepada Gubernur Kalimantan Selatan serta Bupati Banjar dan jajarannya, Saya sampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan kesediannya sebagai tuan rumah Bhakti Sosial Tagana Tingkat Nasional Tahun 2014.

Keberhasilan bekerja yang baik selalu dibangun diatas kekuatan tersinergi, yaitu melalui pemberdayaan peran serta pemerintah pusat dan daerah, juga peran serta masyarakat.

Akhir kata marilah kita mengucap syukur Alhamdulillah, kegiatan Bhakti Sosial berjalan lancar, bermakna. Kiranya hal ini dapat terus dipertahankan dan dikembangkan lebih baik ke depan.
(Kodim 1006/Mtp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANDIM 1006/MTP MENGIKUTI APEL SIAGA BENCANA NASIONAL TAGANA