TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANDIM 1006/MTP SEBAGAI IRUP PADA UPACARA PERINGATAN 10 NOVEMBER 2014

By 12 Nov 2014 17:20Kodam VI/Mulawarman
20141111b

Martapura, (10/11). Bertempat di Halaman Kantor Pemda Banjar dilaksanakan Upacara Peringatan 10 November 2014 dengan tema “ Pahlawanku Idolaku” bertindak sebagai Irup Dandim 1006/Mtp Letkol Inf Ade Eka Putra, S.I.P, Danup Kapten Inf Ramlan Danramil 1006-01/Sei Pinang.

Dalam amanat Mensos yang dibacakan oleh Dandim 1006/Mtp menyampaikan Sejarah perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Sejarah bangsa dan negara Indonesia mencatat, perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat. Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu supaya berani bertindak nyata untuk melawan penjajahan dan ketertindasan
akibat kolonialisme dan imperialisme.

Sikap Kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi. Sikap Kesetiakawanan Sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial atau
batin. Kita harus memaknai semua itu bukan hanya sekedar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang.

Usia kemerdekaan Indonesia saat ini telah menginjak 69 tahun. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 ini mengambil tema besar “Pahlawanku Idolaku”. Tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai “panutan” maupun figur idola pencarian jati diri.

Untuk itu tema Pahlawanku Idolaku diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di “dada” setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa.

Selanjutnya melalui kesempatan ini saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya disertai ucapan terima kasih atas kehadiran Saudara – saudara dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan ini, dan semoga Tuhan selalu membimbing serta meridhoi kita semua dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan melalui cipta, rasa dan karsa untuk pembangunan Indonesia yang lebih maju, adil dan sejahtera.

Pelaksanaan Upacara dihadiri unsur FKPD Kab. Banjar, Ketua DPRD Kab. Banjar, Ketua Veteran beserta anggota, para Perwira TNI dan Polri, SKPD Kab. Banjar dan undangan lainnya. Peserta Upacara 1 Ton Kodim 1006/Mtp, 1 Ton Polres Banjar, 1 Ton Dishub, 2 Kompi gabungan PNS dan 2 Kompi gabungan pelajar dan Mahasiswa. Setelah Upacara dilanjutkan Ziarah Nasional ke Taman Makam Bahlawan Bumi Kencana Landasan Ulin Kota Banjarbaru. (Kodim 1006/Mtp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANDIM 1006/MTP SEBAGAI IRUP PADA UPACARA PERINGATAN 10 NOVEMBER 2014