TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANREM 044/GAPO : 2 BATALYON SATGAS DARAT SIAP ATASI ASAP DI PROVINSI SUMSEL

By 10 Nov 2014 20:10Berita Satuan
AP1

 

 
        Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Suko Basuki selaku Dansatgas Darat penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah provinsi Sumsel, mengambil apel kesiapsiagaan Satgas Darat penanggulangan bencana asap di wilayah provinsi Sumsel, pelaksanaan apel pada hari Sabtu tanggal 8 Nopember 2014 bertempat di lapangan Makorem 044/Gapo dihadiri Kasrem, Dandim 0401/MUBA, Dandim 0402/OKI, para Kasi Korem 044/Gapo dan personel satgas Darat.
 
Dalam pengarahannya Danrem menyampaikan tentang maksud dan tujuan diadakannya apel kesiapsiagaan ini adalah untuk mengecek kondisi personel dan materiil Satgas Darat dalam melaksanakan tugas penanggulangan asap akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Ogan Komering ilir dan Kabupaten Ogan ilir yang menyebabkan asap tebal yang menyelimuti Kota Palembang dan sekitarnya.
 
Selanjutnya Danrem menambahkan bahwa satgas Darat pada tahap pertama telah melaksanakan masa tanggap darurat terhitung mulai tanggal 23 September sampai dengan tanggal 31 Oktober 2014. Kemudian berdasarkan petunjuk Gubernur Sumsel dan ditindak lanjuti dengan rapat koordinasi dengan BPBD provinsi Sumsel selama dua hari berturut-turut maka masa tanggap darurat penanggulangan asap diperpanjang mulai tanggal 1 Nopember 2014 sampai dengan tanggal 24 Nopember 2014, walaupun sudah beberapa hari ini telah turun hujan yang lebat sehingga cuaca terlihat sudah cerah, tetapi satgas Darat tetap melaksanakan tugasnya dengan kekuatan 644 orang terdiri dari Komando daerah, Kosatgas, 1 SSK Kodim 0401/MUBA, 1 SSK Kodim 0402/OKI, 1 SSK Yonif 141/AYJP, 1 SSK Yonkavserbu 5, 1 SSK Yonzipur 2/SG, dengan Prioritas kegiatan titik berat dilaksanakan di wilayah Kabupaten OKI dan Ogan Ilir.
 
        Apel Satgas Darat ini diikuti oleh satuan Makorem 044/Gapo, Kosatgas, 1 SSK Kodim 0401/MUBA, 1 SSK Kodim 0402/OKI, 1 SSK Yonif 141/AYJP, 1 SSK Yonkavserbu 5, 1 SSK Yonzipur 2/SG, yang mana setelah apel dilaksanakan seluruh pasukan masuk kedudukan yang telah ditentukan untuk melakukan aksi dilapangan. Dalam pelaksanaan tugas agar selalu menjunjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 TNI Wajib dan hindari segala bentuk pelanggaran selama melaksanakan tugas dilapangan.
 
Diharapkan tugas penanggulangan asap ini dapat dilaksanakan dengan baik sebelum selesai masa tanggap darurat tahap kedua, tentunya hal ini harus adanya kerjasama antar instansi terkait dan masyarakat, agar asap dapat cepat diatasi dan kondisi cuaca kembali normal, tentunya turunnya hujan adalah yang paling ampuh untuk memadamkan api dan asap.
 
            Dengan demikian diharapkan asap yang menyelimuti Kota Palembang dan sekitarnya dapat hilang dan kualitas udara kembali baik serta aktifitas masyarakat dapat normal kembali.   

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANREM 044/GAPO : 2 BATALYON SATGAS DARAT SIAP ATASI ASAP DI PROVINSI SUMSEL