TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANREM 071/WK PIMPIN ZIARAH HARI PAHLAWAN

By 12 Nov 2014 03:30Kodam IV/Diponegoro
IMG_0453

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. pimpin ziarah dalam rangka peringatan hari Pahlawan Tahun 2014 berlangsung Senin (10/11) di TMP Tanjung Nirwana Purwokerto.

Ziarah dihadiri Wakil Bupati Banyumas beserta Forkopimda Banyumas, LVRI Banyumas, para Kasirem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS baik Makorem 071/Wk, Makodim 0701/Bms, Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, anggota Polri Polres Banyumas, Pelajar, dan Persit.

Diawali dengan penghormatan pasukan kepada arwah para pahlawan kusuma bangsa dilanjutkan peletakkan karangan bunga oleh Danrem 071/Wk serta tabur bunga oleh Danrem 071/Wk bersama Wakil Bupati Banyumas dr. Budi Setiawan, serta LVRI Banyumas.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. menyampaikan bahwa ziarah yang dilaksanakan ini untuk mengingat kembali bagaimana perjuangan para pendahulu kita dalam berjuang mempertahankan Republik Indonesia.

“Diawali pada saat terjadinya pertempuran di Surabaya, dimana disana pasukan sekutu yang diboncengi Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia. Dengan kejadian tersebut, bangsa Indonesia melalui para pejuang pendahulu kita yang ada di Surabaya tidak menginginkan hal itu terjadi. Pada saat itu, lahirlah seorang tokoh pejuang kita yakni Bung Tomo dengan gagah berani menentang dengan datangnya kembali pasukan sekutu yang diboncengi pasukan Belanda”, terangnya.

“Dengan semangat pantang menyerah, mereka berjuang tanpa rasa takut, mengorbankan apa saja demi mempertahankan Republik Indonesia. Para pendahulu kita telah menorehkan sejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, kepada kita sebagai generasi penerus bangsa, marilah kita ambil semangat juang dari para pendahulu kita untuk mengisi kemerdekaan yang sangat kita cintai ini”, lanjut Danrem 071/Wk.

Pada kesempatan lainnya, Danrem 071/Wk menyampaikan bahwa dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ini, Korem 071/Wk akan menyelenggarakan Pameran Alutsista TNI yang akan diselenggarakan pada 19 s.d 23 Nopember 2014 di Makorem 071/Wk. Dalam kegiatan tersebut akan diundang Keluarga Besar Tni atau Keluarga para Pahlawan bersilaturahmi dengan kita warga Korem 071/Wk.

Sebelum pelaksanaan Ziarah yang dipimpin Danrem 071/Wk, dilaksanakan upacara Pengibaran Bendera yang dilaksanakan di Makodim 0701/Bms. Selaku Irup Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan dihadiri Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E. M.M., Letkol Arh A.Zaky Basuki Rahmat mewakili Kasrem 071/Wk, Forkopimda Banyumas, para Kasirem, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, para Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Makorem 071/Wk Makodim 0701/Bms dan Balak Aju Kodam IV/Dip, anggota Polres dan Sub Denbrimob Banyumas, PNS Pemda Banyumas, Pelajar, serta LVRI Banyumas.

Pada kesempatan tersebut, Irup menyampaikan amanat Menteri Sosial RI bahwa sejarah perjuangan bangsa dan negara Indonesia menunjukkan untuk mendirikan NKRI diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka, berdaulat dan terhormat seperti saat ini tanpa perjuangan para pejuang pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga serta pikiran dan hartanya.

“Perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat. Komitmen para pejuang pendiri bangsa untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat ini supaya berani bertindak nyata melawan penjajahan dan ketindasan akibat kolonialisme dan imperalisme”, terang Menteri Sosial RI.

Sikap kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi. Sikap kesetiakawanan sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial atau batin. Oleh karena itu, kita harus memaknai semua, dan harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang, lanjutnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan Berita Satuan Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANREM 071/WK PIMPIN ZIARAH HARI PAHLAWAN