TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANREM 082/CPYJ DAN DANDIM 0815/MOJOKERTO MANTAPKAN WAWASAN KEBANGSAAN DI SMAN – I MOJOKERTO

By 12 Nov 2014 05:21Kodam V/Brawijaya
4. Foto bersama Danrem 082, Kepsek, Kapolresta dan Dandim Mojokerto

Mojokerto – Untuk mantapkan Wawasan Kebangsaan di lingkungan pendidikan, Danrem 082/CPYJ dan Dandim 0815/Mojokerto turun langsung ke SMAN – I Mojokerto, Selasa (11/11/2014).

Acara yang dikemas dalam bentuk Foot Mobility dengan start Makorem 082/CPYJ menuju SMAN – I Mojokerto, diikuti kurang lebih 400 prajurit Makorem 082/CPYJ dan Kodim 0815/Mojokerto. Anjangsana Wawasan Kebangsaan ini digelar sebagai upaya untuk dapat meningkatkan pemahaman kehidupan bernegara pada semua Komponen Bangsa, hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan budaya masyarakat yang lebih beretika yang didasarkan pada Pancasila, UUD 1945, Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional.

Budaya itulah yang akan menyiapkan anak bangsa untuk menggeluti persoalan sosial dalam realitas kehidupan, dalam bentuk atensi dan partisipasi dalam mengisi kemerdekaan, menyiapkan mereka untuk mengemban tanggung jawab dan memberi kesempatan menjalankan hak dan kewajibannya secara konsisten dan konsekuen, sehingga mereka paham terhadap ideologi yang dianutnya untuk kemudian membelanya dan bersamanya mereka wujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

Route yang ditempuh kurang lebih 10 km, sepanjang jalan para peserta menyanyikan lagu – lagu khas mars militer yang dipandu oleh Tim Jas Korem 082/CPYJ bersama Provost. Setelah beberapa waktu rombongan Anjangsana Wawasan Kebangsaan tiba didepan pintu gerbang SMAN – I Mojokerto, dan disambut oleh Kepala sekolah Bpk Suhariyono S. Pd dengan segenap guru pengajar dan siswa / siswi SMAN-I Mojokerto.

Dalam sambutannya kepala sekolah mengatakan adalah suatu kehormatan yang sangat besar bagi kami warga besar SMAN – I karena kami kedatangan rombongan tamu bapak – bapak dari TNI pelindung NKRI, dan sekolah kami sangat terbuka bagi bapak – bapak terutama putra – putrinya yang ingin bersekolah disini. Kami segenap warga besar SMAN-I sangat berharap bahwa siswa – siswi kami dapat mentauladani jiwa patriotisme yang dimiliki bapak – bapak TNI.

Ditempat yang sama Danrem 082/CPYJ menyampaikan bahwa kami hadir disini bermaksud untuk bersilaturahmi guna mempererat hubungan kerja dengan lingkungan pendidikan sehingga memungkinkan untuk bermitra dan bekerja sama, karena kami sadar sepenuhnya bahwa kami tidak akan mampu melaksanakan tugas secara optimal tanpa dukungan dari segenap Komponen Bangsa yang ada diwilayah, termasuk warga besar SMAN-I ini, demikian uraian dalam sambutannya.

Dalam Anjangsana yang bernuansa Wawasan Kebangsaan tersebut oleh prajurit Korem 082/CPYJ dan Kodim 0815/Mojokerto didemonstrasikan gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bersenjata untuk menunjukkan kepada siswa-siswi bagaimana latihan dasar dalam membentuk kerja sama yang solid, dan bongkar pasang senjata ringan FNC, M-16 dan Pistol dengan mata tertutup sebagai wujud profesionalisme prajurit dalam keterampilan perorangan, untuk menumbuhkan minat atau animo para siswa – siswi agar kelak setelah lulus berkeinginan untuk bergabung menjadi prajurit TNI.

Tampak kemeriahan acara meski terlihat sederhana namun para siswa-siswi SMAN-I sangat antusias, yang ditunjukkan dengan mencoba membongkar pasang senjata ringan dengan didampingi instruktur dari Korem 082/CPYJ dan Kodim 0815/ Mojokerto, selanjutnya acara berakhir setelah Danrem menyerahkan cindera mata dari Korem kepada Kepala Sekolah sebagai bentuk ikatan bathin kemitraan di daerah. ( Penrem 082 )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANREM 082/CPYJ DAN DANDIM 0815/MOJOKERTO MANTAPKAN WAWASAN KEBANGSAAN DI SMAN – I MOJOKERTO