TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 091/Asn Lepas Patroli Terkoordinasi TNI AD – TDM

By 25 Nov 2014 21:00Kodam VI/Mulawarman
20141124h

Samarinda, Patroli Terkoordinasi adalah merupakan wujud operasi terintegritas antara TNI AD yang diwakili oleh Kolakops Rem 091/ASN dan TDM diwakili oleh MK 5 Briged. Kegiatan ini sebagai simbol kebersamaan juga merupakan bentuk aplikasi eratnya persahabatan antar kedua Angkatan Bersenjata dalam hal ini TNI AD dan TDM dalam menjaga kedaulatan negara yang berbatasan darat serta berdampak positif untuk mengontrol aktivitas berbagai kegiatan illegal seperti, illegal logging, illegal minning, trafficking, pelintas batas dan kriminalitas seperti penyeludupan narkoba yang kerap memanfaatkan celah yang ada di wilayah perbatasan.

Komandan Korem 091/Aji Surya Natakusuma (ASN), Brigjen TNI Nono Suharsono selaku Komandan Kolakops Rem 091/ASN  memimpin upacara pemberangkatan Patroli Terkordinasi Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif 433/JS Batalion 7 RAMD, berlangsung di Pos Serudong Malaysia dihadiri oleh Panglima 5 Briged Tentera Diraja Malaysia (TDM), Brigjen Haji Jalaludin bin Haji Manan, didampingi Peg Mem 7 RAMD Letkol Nor Azizi bin Abdullah dan beberapa Perwira, dari pihak TNI AD hadir Letkol Inf Waston Purba selaku Kasiops Kolakops Korem 091/ASN, Letkol Inf Henri Sembiring selaku KasiIntel Kolakops Korem 091/ASN, Dansatgas Yonif 405/SK Letkol Inf Bayu Jagad dan ILO Serawak Mayor Inf Andi Hasbullah.

Menurut Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono, kegiatan Patroli Terkordinasi ini merupakan hasil dari salah satu pointers pelaksanaan Unit Commander Meeting antara TNI AD dan TDM pada 21 November 2014 di Markas ATB 2 Kem Kukusan Tawau Malaysia. Pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan  yang telah dilaksanakan saat ini merupakan operasi terintegrasi antara TNI AD dan TDM yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan bersama yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi serta menghindarkan terjadinya salah paham, mencegah terjadinya provokasi yang merugikan ke dua negara. Bentuk kerjasama yang telah dilaksanakan dari kedua negara diwujudkan dengan kegiatan Patroli Terkoordinasi, olah raga bersama, ibadah, Program Anak Asuh dan kunjungan kerja antar pejabat Angkatan Darat kedua negara.

Dalam amanatnya, Danrem menyampaikan, Kegiatan Patroli Terkoordinasi yang dilaksanakan bersama antara Satgas Pamtas Yonif 433/JS dengan Pasukan Pamtas Malaysia Batalion 7 RAMD, selain sebagai simbol kebersamaan, juga merupakan bentuk aplikasi eratnya persahabatan antara kedua Angkatan Bersenjata yaitu TNI-AD dan TDM dalam menjaga kedaulatan negaranya yang berbatasan darat.

Patroli berlangsung selama 1 Minggu dengan menempuh jarak sejauh 20 km. Personel Patgab berjumlah 52 orang terdiri dari TNI AD 26 personel Satgas Pamtas Yonif 433/JS dipimpin oleh Letda Inf Husni, S.E. sedangkan dari pihak TDM 26 personel MK 5 Briged pimpinan Kapten Mohd Emza bin Mohamad Lazim. Pasukan bergerak mulai dari Pos Serudong (Malaysia) dan berakhir di Pos Gabungan RI-Malaysia di Simanggaris (Indonesia). (Penrem 091/ASN)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kostrad Kodam IV/Diponegoro Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 091/Asn Lepas Patroli Terkoordinasi TNI AD - TDM