TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANREM BUKA DIKLAT BELA NEGARA SMA SE-KOTA PANGKALPINANG

By 26 Nov 2014 06:33Kodam II/Sriwijaya
DSC01479

Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Arh Hasanudin, S.Ip, MM secara resmi membuka pendidikan dan pelatihan (Diklat) bela negara untuk siswa SMA, SMK ,MA se-kota Pangkalpinang Selasa 25/11/2014 di Markas Kodim 0413/Bangka.

Diklat bela negara ini diikuti oleh 300 siswa-siswi dari sekolah menengah atas yang ada di Kota Pangkalpinang, kegiatan ini direncanakan dilaksanakan selama tiga hari berturut-trurut hingga kamis mendatang di Kodim 0413/Bangka.

Tujuan dari Diklat ini untuk membentuk kader pembinaan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) yang memiliki sikap prilaku yang beriman dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, tangguh serta berahlak mulia.

Selanjutnya memiliki kesadaran bela negara yang berkemampuan, berketerampilan serta berkualifikasi instruktur yang memiliki sifat teladan dan penguat moral bagi peserta didik dilingkungan sekolahan masing-masing.

Adapun sasaran latihan secara kualitatif meliputi bidang pengembang kepribadian, bidang pengetahuan dan ketrampilan, bidang jasmani dan kesehatan serta bidang penguatan cinta tanah air dan wawasan kebangsaan.

Materi latihan yang diajarkan meliputi peraturan baris berbaris (PBB), tata upacara sipil, kepemimpinan, wawasan kebangsaan dan psikologi lapangan, selain itu bela negara, peran pemuda dalam proxy war serta karakter kebangsaan dan Out bond.

Danrem mengatakan kegiatan pelatihan ini untuk membentuk karakter kebangsaan yang tangguh sebagai generasi muda calon pemimpin bangsa yang akan membawa Pangkalpinang, Bangka Belitung bahkan NKRI yang lebih baik dan bermartabat.

Melalui pelatihan ini yang dikususkan bagi siswa-siswi SMA,SMK, MA dapat memperoleh proses penyadaran kembali tentang nilai-nilai dasar yang mulia seperti sikap disiplin, loyalitas, taat pada norma agama, hukum dan adat.

Selain itu mempunyai soliditas dan sikap mental yang militan, ulet, pantang menyerah dan rela berkorban sesuai dengan nilai-nilai karakter bangsa Indonesia.

Kolonel Hasanudin memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Pangkalpinang yang telah mengambil langkah awal dalam upaya penguatan karakter kebangsaan bagi siswa-siswi se-kota Pangkalpinang dengan bekerjasama dengan Kodim 0413/Bangka

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANREM BUKA DIKLAT BELA NEGARA SMA SE-KOTA PANGKALPINANG