TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

HARI PAHLAWAN : BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PARA PAHLAWANNYA

By 15 Nov 2014 03:15Kodam VI/Mulawarman
20141114b

Samarinda. Kasi Teritorial Korem 091/ASN Letkol Inf Gema Repelita, SH mewakili Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono hadir sebagai nara sumber dalam acara dialog interaktif yang mengangkat tema “Hari Pahlawan’’ di stasiun TVRI Samarinda Jl. Ery Suparjan Samarinda, Rabu (12/11).

Dalam kegiatan tersebut Kasi Teritorial Korem 091/ASN Letkol Inf Gema Repelita SH menjelaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, seperti kata Bung Karno “Negara Yang Besar Adalah Yang tidak melupakan Jasa Mereka” Artinya tidak akan melupakan sejarah suatu bangsa tersebut.

Para pahlawan rela mengorbankan hidupnya demi menjaga dan mempertahankan negara Indonesia. Tanpa jasa mereka, kita tidak bisa menjadi bangsa dan negara Indonesia seperti sekarang. Kita harus mampu mengenang dan menghargai perjuangan, pengorbanan para pahlawan dan pemimpin bangsa yang menjadi simbol negara Indonesia.

Ketua LVRI kota Samarinda bapak H. Parhansyah A mengatakan bahwa semangat dan nilai-nilai kejuangan itu harus kita tanamkan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa. Semangat dan nilai kejuangan para perintis kemerdekaan itu penting untuk terus digelorakan terlebih diamalkan guna mengisi kemerdekaan.

Sementara itu salah satu pejabat di Dinas Sosial Kota Samarinda Drs. Ayi Hikmat, M.Si yang juga hadir sebagai Nara sumber mengatakan, peran Korem 091/ASN sangat dibutuhkan untuk menggugah para pemuda pelajar dan mahasiswa untuk bisa memaknai hari pahlawan dengan diadakan suatu kegiatan cinta tanah air dan kegiatan yang lainnya yang telah dilaksanakan Korem 091/ASN selama ini, terbukti dengan adanya kegiatan tersebut bisa merubah karakter bagi para penerus bangsa dan bisa memahami apa sebenarnya memaknai hari Pahlawan.

Akan sangat ironi bila memperingati hari pahlawan sebatas kegiatan seremonial saja tanpa mengambil teladan dari nilai-nilai perjuangan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya kita semua mampu untuk memberi makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan, dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman”, ujarnya. (Penrem 091/ASN)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

HARI PAHLAWAN : BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PARA PAHLAWANNYA