TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

IRDAM I/BB PIMPIN RAPAT LATIHAN KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KODAM I/BB TA 2014

By 25 Nov 2014 23:29Kodam I/Bukit Barisan
RAPAT PELAKSANAAN TAHAP PERENCANAAN LATIHAN KESIAPSIAGAAN

Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Winston P. Simanjutak, S.I.P., M.Si. diwakili Irdam I/BB Kolonel Inf Drs. Drs. Amrin Pimpin Rapat Pelaksanaan Tahap Perencanaan Latihan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Kodam I/BB TA 2014 Di Ruang Bina Yudha Lt IV Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin(24/11).

Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Winston P. Simanjutak, S.I.P., M.Si. yang dibacakan Irdam I/BB mengucapkan selamat datang di Makodam I/BB kepada tim dari Kodiklat TNI yang dipimpin Dankodiklat TNI Mayjen TNI (Mar) I Wayan Mendra dan segenap penyelenggara. Kepada para peserta latihan, yakin masing-masing telah menyiapkan diri dengan baik sehingga mampu menyelesaikan latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Sebagaimana tugas pokok TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia. Salah satu dari tugas tersebut adalah melaksanakan bantuan kepada Pemda dalam menanggulangi bencana alam di daerah. Provinsi Sumatera Utara merupakan daerah yang berpotensi timbul bencana alam antara lain gempa bumi dengan intensitas catatan gempa yang cukup tinggi dan berpotensi tsunami. Selaku komando kewilayahan, Kodam I/BB dan satuan TNI AL dan TNI AU di wilayah Sumatera Utara di tuntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam menghadapi dan menanggulangi bencana alam di daerah. Dalam rangka memenuhi tuntutan tugas tersebut, maka diselenggarakan latihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam gempa bumi yang berpotensi Tsunami agar memiliki kemampuan dan keterampilan serta kecepatan bergerak yang tinggi untuk membantu Pemda dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam gempa bumi secara tepat dan tuntas guna meminimalkan korban.

Lebih lanjut Irdam I/BB menyampaikan latihan kesiapsiagaan yang akan berlangsung kurang lebih lima hari harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta latihan, agar dapat mencapai hasil optimal yang sangat berguna mendukung tugas perbantuan kepada Pemda. Untuk itu sangatlah tepat tema latihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, yaitu “Koops TNI Wilayah Sumatera Utara Yang Terdiri Dari Kodam I/BB, Unsur Koarmabar Dan Unsur Koopsau I Di Wilayah Sumut, Membantu Pemprov Sumut Melaksanakan Penanggulangan Akibat Bencana Alam Gempa Bumi Guna Membantu Pemda Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang”. Selanjutnya kepada penyelenggara beserta pendukung yang akan menangani penyelenggaraan latihan kesiapsiagaan ini, percayakan para peserta latihan untuk dilatih dengan benar sehingga diperoleh kesiapan para prajurit TNI dan komponen terkait secara profesional. Diakhiri amanat Pangdam I/BB ada beberapa penekanan untuk dipedomani selama pelaksanaan latihan, kepada penyelenggara latihan : Tumbuhkan semangat dan motivasi peserta latihan, sehingga pada pelaksanaan aplikasi dapat dilaksanakan dengan optimal. Agar berperan secara proporsional dan profesional, sehingga rangkaian latihan dapat berlangsung dengan lancar. Laksanakan pengawasan dan koreksi sehingga hasil latihan sesuai sasaran dan tepat waktu. Selanjutnya kepada pelaku latihan : Manfaatkan latihan ini sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan olah keprajuritan dalam penanggulangan bencana alam. Ikuti semua petunjuk penyelenggara agar tercapai sasaran latihan. Perhatikan faktor keamanan baik personel, materiil dan kegiatan selama latihan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

IRDAM I/BB PIMPIN RAPAT LATIHAN KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KODAM I/BB TA 2014