TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KASAD BUKA KARYA BHAKTI SKALA BESAR

By 06 Nov 2014 05:15Kodam I/Bukit Barisan
2

Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Irup Pembukaan Karya Bhakti Skala Besar Relokasi Pengungsi  Korban Erupsi Gunung Sinabung Di Lapangan Universitas Karo (UKA) Desa  Ketaren Kec. Kabanjahe. Kab. Karo Sumut, Rabu (5/11).

Dalam sambutan Kasad mengatakan Karya Bhakti  ini merupakan tindak lanjut dari Kunjungan Presiden Ir. Joko Widodo ke wilayah sinabung pada tanggal 29 Oktober 2014, setelah Presiden RI melihat secara langsung kondisi para korban dan skala prioritas yang dibutuhkan oleh para korban yaitu tempat tinggal, tempat ibadah, sekolah dan lahan pertanian untuk aktivitas kehidupan sehari-hari, maka Presiden RI memerintahkan kepada TNI AD untuk melaksanakan Karya Bhakti Skala Besar dalam rangka merealisasi harapan masyarakat tersebut yaitu dapat segera merelokasi para korban bencana erupsi gunung sinabung ketempat tinggal yang baru untuk menata kehidupan baru dan harapan baru. Keputusan Presiden RI tersebut adalah solusi terbaik untuk masyarakat dan TNI AD mendapat perintah langsung dari Presiden RI merupakan kehormatan dan kebanggaan serta kepercayaan untuk turut serta membantu kesulitan saudara-saudara kita yang terkena musibah Erupsi Gunung Sinabung. Berkenaan dengan karya bahkti skala besar ini selaku Kasad mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan kepada pemerintah yang telah memberikan kepercayaan kepada TNI AD untuk menyelenggarakan karya bhakti skala besar merelokasi pengungsi korban erupsi gunung sinabung di daerah Kabupaten Karo Sumut. Karya bhakti skala besar ini merupakan bentuk sinergitas antara TNI AD, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Sosial, Kememntrian PU dan Perumahan rakyat, BNPB dan Pemda, serta warga setempat. Kasad juga akan menyertakan warga yang terkena musibah untuk turut serta bekerja bersama dengan para prajurit dalam semangat kemanunggalan, sehingga proses pembangunan akan dapat diselesaikan lebih cepat dari waktu yang di targetkan, sekaligus mengembalikan moril dan semangat masyarakat  dalam menghadapi musibah tersebut.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan TNI AD akan tetap dan terus berkomitmen untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mengatasi kesulitan masyarakat. Hal ini sesuai dengan amanah Pasal 7 ayat 2 (b) UU RI No 34 tahun 2004 tentang TNI, dimana tugas pokok TNI dilaksanakan melalaui Opeasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Tugas TNI pada OMSP, diantaranya adalah memperdayaakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, membantu pemerintahan di daerah dan ikut membantu penanggunlangan akibat bencana alam, yang dapat dimplementasikan antara lain melalui kegiatan karya bhakti TNI. Karya bhakti skala besar yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk merelokasi atau memindahkan para korban erupsi gunung sinabung dari lokasi pemukiman warga di daerah bahaya erupsi ke lokasi lain yang lebih aman. Adapun sasaran yang dicapai yaitu agara para pengungsi korban erupsi gunung sinabung dapat hidup tenang, aman dan bebas dari ketakutan. Selain itu agar kondisi psikis korban erupsi gunung sinabung kembali normal dan dapat segera menikmati tempat tinggal yang baru serta hidup layak dilokasi yang baru. Kita semua berharap semoga dengan memiliki rumah dan lingkungan yang baru, akan memberikan suatu kenyamanan dan ketenangan serta kegairahan bagi masyarakat dan keluarganya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan motivasi dan semangat untuk bekerja secara lebih baik, sehingga dapat memacu roda perekonomian di wilayah Kabupaten Karo khususnya dan Sumut pada umumnya. Kepada seluruh prajurit yang terlibat agar melakukan yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas, selama pelaksanaan karya bhakti ini. Hindari kerusakan lingkungan dan manfaatkan pohon-pohon yang terkena pembuatan jalan dan tempat pemukiman tersebut semaksimal mungkin digunakan untuk kepentingan pembangunan perumahan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat di tempat relokasi agar lingkungan perumahan yang akan dibangun di tata dengan baik dan asri sehingga tidak semua pohon ditebang namun tetap sisakan dan diatur sedemikian rupa sehingga tempat relokasi tersebut terlihat alami, indah dan nyaman dihuni. Hayati dan dasari makna yang terkandung dalam setiap tugas yang dipercayakan. Ingatlah bahwa “ Ruh kekuatan TNI adalah kemanunggalan TNI Rakyat”.

Hadir dalam upacara tersebut, Asops Kasad, Aslog Kasad, Aster Kasad, Pangdam I/BB, Kasdam I/BB, Wakapoldasu, Sekda Provsu, Bupati Karo, Bupati Simalungun, Muspida Karo, Para Danrem, Para Sahli Pangdam I/BB, Irdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Danrindam I/BB, Danbrigif 7/RR, Para Dandim/Danyon Sewilayah Kodam I/BB, Kapolresta Kabanjahe, Tomas dan Toga, OKP, Pelajar Sekabupaten Karo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASAD BUKA KARYA BHAKTI SKALA BESAR