TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KASDAM BUKA LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN BELA NEGARA KARYAWAN PT. INDOAGRI GROUP

By 27 Nov 2014 03:50Kodam I/Bukit Barisan
PT Indoagri Group

Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri Pimpin Pembukaan Latihan Kepemimpinan Dan Bela Negara Bagi Karyawan PT. Indoagri Group, Pelaksanaan Dilaksanakan Pada Tanggal 25 s.d 28 November 2014 Di Ruang Aula Syamsudin Lubis Makoyonkav 6/Serbu Jalan Asam Kumbang Medan, Selasa (25/11).

Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Winston P. Simanjutak, S.I.P., M.Si. yang dibacakan Kasdam I/BB mengucapkan selamat datang kepada peserta latihan kepemimpinan dan bela negara di Makoyonkav 6/Serbu. masing-masing telah menyiapkan diri dengan baik sehingga mampu menyelesaikan latihan dengan penuh rasa tanggung jawab. Program latihan kepemimpinan dan bela negara ini merupakan wujud kepedulian PT. Indoagri Group bekerjasama dengan Kodam I/Bukit Barisan, dalam meningkatkan SDM karyawan PT. Indoagri Group yang akan berkiprah dalam menentukan maju dan suksesnya PT. Indoagri Group. Latihan kepemimpinan dan bela negara ini, dapat memberikan sumbangsih yang berarti dalam peningkatan SDM karyawan PT. Indoagri Group dengan harapan dapat menjadi agen perubahan untuk mendukung peningkatan kinerja di lingkungan PT. Indoagri Group. Untuk itu tunjukkan kesungguhan melalui kepatuhan dan keseriusan dalam mengikuti rangkaian latihan ini, sehingga para peserta latihan mampu menyelesaikan dan menyerap semua materi yang akan diberikan. Tujuan diselenggarakan latihan ini untuk membentuk karyawan PT. Indoagri Group yang handal dalam menentukan arah kehidupan perusahaan melalui pembinaan mental, fisik, disiplin dan pengetahuan serta keterampilan sehingga mampu melaksanakan fungsi dan tanggung jawab dalam mengawal kelangsungan dan suksesnya PT. Indoagri Group.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan bahwa sasaran latihan ini adalah menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, disiplin yang tinggi dan meningkatkan persatuan dan kesatuan serta terciptanya karyawan yang memiliki moral dan kepribadian Pancasila yang mampu mengamalkan nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila sekaligus terwujudnya karyawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar kepemimpinan dan bela negara yang dapat diarahkan menjadi karyawan yang produktif dalam menjamin tetap suksesnya PT. Indoagri Group. Selanjutnya kepada Komandan Latihan dan Pembina serta Pelatih, percayakan untuk melatih dan menempa karyawan PT. Indoagri Group menjadi karyawan yang memiliki SDM dengan mental yang baik, fisik yang kuat dan displin yang tangguh. Laksanakan pengawasan dan pengendalian selama penyelenggaraan latihan berlangsung secara cermat dan konsisten, sehingga kemampuan penalaran yang logis dan sistematis bagi peserta latihan dapat berkembang dan mampu menjadi karyawan yang siap secara profesional. Diakhiri amanat Pangdam I/BB menyampaikan beberapa atensi untuk dipedomani dalam mengikuti latihan : Pelihara iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap langkah dan tindakan. Ikuti seluruh rangkaian kegiatan dan materi dengan penuh rasa tanggungjawab. Patuhi setiap petunjuk dan arahan para pelatih serta pupuk jiwa korsa ditengah kehidupan pelatihan. Laksanakan pengamanan personel, materiil dan pelihara peralatan yang dipertanggungjawabkan agar setiap saat siap digunakan.

Selanjutnya Kasdam I/BB memaparkan Karakter Bangsa dan Kepemimpinan : tentang apa yang dinamakan dengan ”Karakter” itu, ada baiknya kita artikan secara harfiah, karakter sama dengan watak atau perangai batin, yang bermakna sebagai bentuk pribadi yang muncul dari tingkah laku atau budi pekerti dari individu manusia. Sedangkan secara keilmuan, karakter merupakan gerak-gerik, tingkah laku, amal perbuatan, cara bersikap hidup yang berbeda antara seseorang dengan orang lain. Beberapa ahli banyak berpendapat tentang ”Karakter”, seperti ”Sigmund Freud” mengatakan bahwa ”Karakter” merupakan kumpulan tata nilai yang mewujud dalam suatu sistem(daya dorong) yang melandasi pemikiran dan tingkah laku, sedangkan ”Yayasan Jati Diri Bangsa” mengatakan bahwa Karakter adalah sistem daya juang (daya dorong) yang menggunakan nilai-nilai moral yang terpatri dalam diri kita, atau perpaduan aktualisasi potensi dari internalisasi nilai-nilai moral dari luar yang melandasi pemikiran, sikap dan perilaku. Dengan demikian dapat diambil suatu kesimpulan bahwa ”Karakter” merupakan tampilan sikap dan perilaku seseorang yang di dorong dari dalam (sebagai inner power) untuk menampilkan dan mewujudkan hal-hal yang terpuji. Disamping itu, karakter juga dapat dikatakan sebagai mesin penggerak sekaligus kemudi yang menentukan dalam membangun karakter bangsa, apakah akan menuju kebahagiaan atau menuju kehancuran.

Berbicara tentang Bela Negara, kita tidak akan terlepas dari pembicaraan tentang ”Ketahanan Negara” sesuai dengan UU RI No 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara. Dijelaskan bahwa dalam kehidupan bernegara, aspek pertahanan merupakan faktor yang sangat hakiki dalam menjamin kelangsungan hidup suatu negara tersebut. Proklamasi Republik Indonesia yang telah dicanangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan wujud dari kemampuan bangsa indonesia dalam merebut, membela dan mempertahankan ”Keberadaan” jati diri sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat dan berdiri diatas kaki sendiri yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Hadir dalam pembukaan tersebut Para Sahli Pangdam I/BB, Asrendam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Para Direksi PT. Indoagri Group.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASDAM BUKA LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN BELA NEGARA KARYAWAN PT. INDOAGRI GROUP