TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam IM Tutup Latihan Bela Negara Mahasiswa Unsiyah

By 03 Nov 2014 16:36Kodam Iskandar Muda
DSC_0209

Aceh Besar, Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigadir Jendral TNI L. Rudy Polandi di dampingi Pembantu Rektor III Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur, BC, menutup Pelatihan Kader Bela Negara Mahasiswa Unsiyah di Makoyonif 112/Raider. Turut hadir dalam acara tersebut Irdam, Para Asisten, Kabalak Kodam IM, Danyonif 112/R serta Para Dosen Unsyiah. Mata Ie, Darul Imarah. Minggu (2/11).

Penanaman wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara pada diri seorang warga negara adalah suatu hal yang terkait dengan kesadaran dan pengertian tentang perlunya peran dari pribadi setiap warga negara tidak hanya dibebankan kepada TNI atau Polri saja dalam mempertahankan kedaulatan Negara tetapi seluruh elemen bangsa termasuk para Mahasiswa. Permasalahan muncul ketika warganegara tersebut tidak menyadari bahwa dirinya sangat diperlukan dalam mempertahankan kedaulatan Negara, Pemahaman terhadap Pancasila sebagai ideologi Negara, serta UUD 45 sebagai landasan hukum hendaknya disertai dengan implemantasinya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan masyarakat maupun dilingkungan kemahasiswaan.

Pendidikan kesadaran bela Negara secara sistematik dan berkelanjutan hendaknya dapat ditumbuh kembangkan untuk penyiapan kader-kader bela negara yang berwawasan Kebangsaan dan berjiwa Pancasila sebagai generasi penerus dan pemimpin bangsa dimasa yang akan datang. Berbagai pelatihan khusus yang diselenggarakan, seperti latihan kepemimpinan, kegiatan Kepramukaan dan segala bentuk kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan menumbukan raca cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia harus diberikan secara utuh dan tepat serta berkesinambungan sehingga mereka dapat menjadi kader-kader pemimpin masa depan dengan kesadaran bela Negara yang tinggi, saya titip negara ini pada kalian “ Tutur Kasdam IM.

Upaya-upaya menumbuhkan kesadaran bela negara bukanlah hal yang mudah. Namun demikian secara mendasar kita perlu melakukan upaya membangun integritas bangsa Indonesia, khususnya para mahasiswa yang saat ini mempunyai kesempatan pelatihan di Batalyon Infanteri 112 Raider bahwa integritas dapat kita bangun melalui pendidikan karakter yang tepat, yang pada gilirannya kelak akan menciptakan pribadi yang berkarakter unggul dan memiliki integritas. Jika ini dapat diterapkan kepada seluruh elemen bangsa Indonesia, niscaya permasalahan bangsa akan dapat terselesaikan satu persatu secara bertahap dan kesadaran bela negara akan tumbuh dengan sendirinya, penutupan Pelatihan Kader Bela Negara Mahasiswa Unsiyah saat ini diharapkan bisa menjadi pedoman dan sebagai bekal untuk kemajuan bangsa Indonesia umumnya dan Masyarakat Aceh khususnya” Pungkas PR III Unsiyah III Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur, BC.

Di akhir acara tersebut peserta Pelatihan Kader Bela Negara Unsyiah bersama dengan para pelatih dan pendukung dihibur oleh Band Rindam IM untuk melebur bersama-sama berjoget dibawah guyuran hujan, para peserta tetap semangat dan gembira setelah selama 3 hari mengikuti pelatihan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam IM Tutup Latihan Bela Negara Mahasiswa Unsiyah