TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM I/BB PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1436 HIJRIYAH

By 20 Nov 2014 18:09Kodam I/Bukit Barisan
TAHUN BARU ISLAM

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. Diwakili Asrendam I/BB Kolonel Chb Kushananto, S.T Pimpin Acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (19/11)

Dalam sambutannya Pangdam I/BB yang dibacakan Asrendam I/BB mengatakan peringatan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan, bukanlah sekedar untuk memenuhi tradisi semata akan tetapi untuk menggali hikmah yang terkandung didalamnya, untuk selalu ingat kepada sang pencipta. Peringatan Tahun Baru Islam memberikan dua hikmah penting kepada kita semua sebagai umat dan hamba Allah SWT sebagai berikut : Sebagai wahana untuk instropeksi diri sejauh mana kita telah mengaktualisasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan kualitas kerja kedepan dengan berpedoman pada ajaran agama. Sesungguhnya esensi yang dapat kita petik pada acara ritual ini adalah masalah pergantian dan perputaran waktu. Bahwa waktu akan senantiasa bergerak maju, dengan demikian manusia sebagai insan hamba tuhan akan selalu berpacu dengan waktu. Orang-orang yang beruntung adalah orang-orang yang dapat menggunakan waktu mengaktualisasikan dirinya dari satu prestasi ke prestasi lain. Waktu sebagai ruang akan memberikan kesempatan yang sama kepada siapa saja untuk berkreasi dan berkarya guna mewujudkan eksistensinya. Sebagai tema pada peringatan Tahun Baru Islam ini adalah “ Melalui Hikmah Peringatan Tahun Baru Islam 1436 Hijriyah/2014 Masehi Kita Mantapkan Keimanan Dan Ketaqwaan Prajurit TNI AD Sebagai Landasan Moral Dalam Pengabdian Kepada Bangsa Dan Negara”. Dengan demikian yang perlu mendapat perhatian kita adalah menjaga eksistensi nilai-nilai moral dalam kehidupan keprajuritan, yang memiliki kesadaran dan pemahaman bahwa kita merupakan bagian dari masyarakat dan mempunyai kewajiban yang sama dalam rangka mempertahankan NKRI. Dilandasi oleh pemahaman tersebut, maka setiap prajurit dan PNS harus memiliki kepedulian sosial terhadap lingkungan masyarakat dimanapun berada serta dapat menjadi contoh dalam sikap dan perilakunya, sehingga mampu memberikan kontribusi yang postif kepada masyarakat dalam rangka menjalin Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Selanjutnya Asrendam I/BB mengatakan rasa bangga dan terima kasih yang tulus kepada Bapak Drs. Irfan Yusuf yang telah menyampaikan uraian hikmah peringatan Tahun Barus Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah.

Dalam tausiyah Drs. Irfan Yusuf mengatakan pentingnya ilmu, iman dan amal harus sejalan dalam kehidupan sehari-hari dan kepada seluruh prajurit agar selalu mengamalkan ajaran agama dan selalu instropeksi diri. Selanjutnya Drs Irfan Yusuf menyampaikan pentingnya berhijrah bagi kaum Muslimin. Dimana pada tahun baru, seorang Muslim menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya. “Hijrah itu sangat penting dalam perjalanan hidup”. Hijrahnya seorang Muslim bukan karena harta, tahta, maupun wanita (materi). Namun harus bermuara pada tujuan jihad di jalan Allah (jihad fii sabilillah). Jihad ini adalah perjalanan suci. Semoga di tahun baru (Hijriyah) ini Allah memberikan kita kekuatan untuk menjadi lebih baik.

Hadir dalam acara tersebut Katopdam I/BB, Wadanpomdam I/BB, Wadanyonkav 6/Serbu, Perwakilan Batalyon BS Sewilayah Medan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM I/BB PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1436 HIJRIYAH