TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 0405/LAHAT : SETIAP ORANG BISA JADI PAHLAWAN

By 11 Nov 2014 21:33Kodam II/Sriwijaya
Pemberian bingkisan dari Kodim 0405 Lahat, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai, kepada para veteran

Palembang, Setiap orang bisa menjadi pahlawan atau idola, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Pahlawan dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti seorang ayah yang menjadi pahlawan bagi anak-anaknya, bahkan seorang pimpinan dapat menjadi idola atau pahlawan bagi bawahannya.

Demikian disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0405/Lahat Letkol Inf Tri Haksoro, usai upacara peringatan Hari Pahlawan, kemarin (10/11). Dandim menjelaskan, peringatan Hari Pahlawan tahun 2014, mengambil tema besar ‘Pahlawanku Idolaku’.

Menurutnya, tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai panutan maupun figur idola pencarian jati diri. “Melalui tema Pahlawanku Idolaku diharapkan, dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus. Bahwa semangat juang para pahlawan akan selalu menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa,” bebernya.

Di sisi lain, Dandim juga mengajak semua pihak untuk menghormati dan memperhatikan nasib para veteran perang. Sebab, menurutnya, tak dipungkiri masih banyak masyarakat bahkan pemerintah daerah yang kurang memperhatikan para pejuang kemerdekaan tersebut. “Berikanlah perhatian kepada mereka (veteran), bila perlu dari kantong pribadi. Karena jasa-jasa di jaman perjuangan, tidak akan bisa dibayar dengan apapun. Untuk itulah, jangan sekali-sekali melupakan para veteran,” tegas Tri.

Sementara itu, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai, mengajak para pemuda-pemudi Kabupaten Lahat untuk selalu mengenang jasa para pahlawan dan menjadikannya idola dalam kehidupan sehari-hari.

“Pahlawanku adalah idolaku, bukan hanya menjadikan pahlawan sebagai idola, namun juga menanamkan jiwa kepahlawanan didalam diri kita, kenanglah selalu jasa-jasa mereka,” kata Aswari. Menurut Aswari, banyak pahlawan yang telah mengorbankan diri mereka demi untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. “di Lahat ini, nama-nama jalan banyak mengambil nama pahlawan, seperti jalan Mayor Ruslan, Amir Hamzah dan yang lainnya. Mereka adalah pahlawan-pahlawan yang mengorbankan diri untuk Kabupaten Lahat,” ujar Aswari.

Setelah upacara peringatan Hari Pahlawan di lapangan Seganti Setungguan, juga dilakukan pemberian penghargaan kepada 11 veteran dan 2 Warakauri, dari Kodim 0405/Lahat. Setelah itu, seluruh peserta upacara melakukan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Puspa Bhakti yang diikuti oleh Bupati Lahat, Muspida, TNI/Polri, PNS, pelajar.(Penrem 044/Gapo)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODIM 0405/LAHAT : SETIAP ORANG BISA JADI PAHLAWAN