TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 0703/CLP TANAM POHON SEPANJANG PANTAI

By 21 Nov 2014 00:16Kodam IV/Diponegoro
IMG_9557

Ribuan batang pohon berhasil ditanam anggota Kodim 0703/Clp, penanaman pohon dilaksanakan di sepanjang pantai Kemiren Kel. Tegalkamulyan Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap, Selasa (18/11).

Penanaman bibit pohon Kodim 0703/Clp bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Cilacap dan dilaksanakan bersama warga masyarakat nelayan setempat, dengan tanam pohon berupa bibit cemara laut dan ketapang laut.

“Menenam pohon selama ini dianggap sepele bagi sebagian orang atau masyarakat, menanam pohon sangat besar arti dan manfaatnya bagi kehidupan dan kelestarian hidup manusia”, papar Dandim 0703/Clp Letkol Inf Ferry Irawan.

Oleh karena itu, lanjutnya. Dengan ditanamnnya pohon penghijauan ini, kepada warga masyarakat agar ikut serta merawat dan memelihara secara intensif agar menghasilkan manfaatnya.

Penanaman pohon yang diselenggarakan bertema keanekaragaman puspa dan satwa pesisir laut untuk ketahanan pangan serta pembangunan berkelanjutan, juga dalam rangka rangka memperingati hari cinta puspa dan satwa nasional tingkat Kab. Cilacap.

Sementara itu, Kepala BLH Kab. Cilacap Adjar Mugiono mengatakan bahwa dalam kegiatan ini bibit pohon cemara laut yang ditanam sebanyak 700 batang, ketapang laut 800 batang dan nyamplung sebanyak 500 batang.

Menurutnya, secara fisik manfaat dari penanaman pohon ini untuk mengurangi abrasi pantai. Secara biologi bermanfaat menjaga ekosistem hewan satwa disekitar pantai tersebut.

“Pepohonan itu, secara tidak langsung kelak dapat bermanfaat untuk meningktkan kunjungan wisatawan, meningkatkan produksi pertanian padi disekitar pantai serta mengurangi kadar garam disekitar budidaya pertanian”, terangnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODIM 0703/CLP TANAM POHON SEPANJANG PANTAI