TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 0823/SITUBONDO BANTU BUAT JALAN DAN JEMBATAN DI SEMAMBUNG

By 07 Nov 2014 Kodam V/Brawijaya
2. Karya Bakti

SITUBONDO – Kodim 0823/Situbondo melaksanakan Karya Bakti membuat jembatan dan jalan penghubung di Desa Semambung Kecamatan Jatibanteng, Situbondo, Jawa Timur.

Karya bakti ini berjalan sejak hari Senin (3/11/2014) dan akan terus berlanjut selama dua puluh satu hari dengan harapan pekerjaan tersebut dapat dituntaskan. Anggota Kodim yang berasal dari Koramil Suboh, Koramil Bungatan, Mlandingan, Besuki, Jatibanteng dan Koramil Sumber Malang dikerahkan sebanyak 50 (lima puluh orang) yang dipimpin langsung oleh Danramil 0823-12/Suboh, Kapten Inf Kardiman. Sedangkan dari Perangkat Desa dan Kecamatan serta Masyarakat sekitar berjumlah lebih kurang 77 orang sehingga total peserta Karya Bakti tidak kurang dari 127 orang bekerja bahu membahu membuat jembatan, jalan dan saluran air disepanjang jalan.

Kegiatan karya bakti ini sangat penting, bukan karena pengamatan babinsa setempat saja melainkan melibatkan seluruh unsur yang ada di Desa untuk memilih Desa Semambung dalam kegiatan ini. Jalan desa ini menjadi sarana transportasi penting bagi masyarakat setempat untuk menuju Desa Widoropayung. Hal itu menjadi sangat penting lagi karena Desa Widoropayung memiliki Pasar Desa sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh menuju Besuki untuk mencari kebutuhan hidup dan memasarkan hasil buminya. Termasuk dua desa sebelum Desa Semambung yaitu Sumber Anyar Kecamatan Jatibanteng dan Desa Taman Kecamatan Sumber Malang akan memilih jalan yang sedang dikerjakan ini karena pemenuhan Kebutuhan Pokok akan menjadi lebih dekat.

Disela-sela kegiatan Kepala Desa Jatibanteng berujar antusias masyarakat sangat tinggi. Karya Bakti ini sangat menolong kami, coba lihat sendiri, masyarakat kami banyak turun membantu karena warga kami membutuhkan jalan ini untuk keperluan sehari-hari. Jalan ini akan membuat kami lebih dekat untuk menjual hasil bumi, dekat ke kota dan mudah memperoleh pemenuhan kebutuhan hidup. Pembuatan jembatan perlu dilakukan mengingat jembatan ini merupakan jalan buangan air disaat musim hujan kata Kepala Desa yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Tinggi ini.

Tidak hanya berhenti pada pengerjaan yang sedang dilakukan, rencananya akan menjadi perhatian dalam pemeliharaan jalan dan jembatan sehingga kedepannya masih dapat dilanjutkan seperti penanaman pohon di kiri dan kanan jalan. Selain sebagai penghijauan, juga mengurangi erosi terutama di jalan-jalan yang sedang dikerjakan pada tempat yang memiliki perbukitan.

Hal senada disampaikan Dandim 0823/Situbondo Letkol Armed Soegeng Riadi, S.IP bahwa tugas TNI terlebih kami di Satuan Teritorial adalah membantu Pemerintah Daerah. Kegiatan Karya Bakti ini merupakan salah satu program Kodim untuk membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODIM 0823/SITUBONDO BANTU BUAT JALAN DAN JEMBATAN DI SEMAMBUNG