TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0830/Surabaya Utara Gelar Lomba Fragmen Wawasan Kebangsaan

By 26 Nov 2014 02:44Kodam V/Brawijaya
pemberian penghargaan pemenang lomba oleh dandim

Surabaya (25/11). Dalam rangka meningkatkan kesadaran Nasionalisme, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan kepada generasi muda dan pelajar, Kodim 0830 Surabaya Utara menyelenggarakan lomba Fragmen Wawasan Kebangsaan di lapangan depan Makodim 0830/Surabaya Utara. Lomba Fragmen wawasan kebangsaan diikuti oleh 9 kelompok peserta dari 9 wilayah kecamatan binaan Kodim 0830/Surabaya Utara.

Dalam wawancara singkatnya Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Verianto Napitupulu menjelaskan bahwa rangkaian program kegiatan komunikasi sosial kreatif perlu dikemas sedemikian rupa dalam bentuk seni fragmen yang melibatkan berbagai komponen masyarakat, sehingga interaksi sosial antara Komando Kewilayahan dengan masyarakat dapat terus terjalin erat. Dari pengamatan di lapangan selama pelaksanaan lomba tampak jelas ada perhatian dan atensi positif dari karang taruna maupun pelajar terhadap kegiatan seni fragmen.

Lebih jauh Dandim 0830 juga menyinggung maksud dan tujuan lomba fragmen wawasan kebangsaan yaitu mencari bentuk lain dari penyelenggaraan wawasan kebangsaan yang selama ini hanya menonton diberikan pembekalan secara teori di ruang kelas, sehingga muncul rasa bosan dan jenuh. Menyikapi hal tersebut, melalui lomba fragmen ini diharapkan para pelajar bisa terlibat langsung di dalam atau secara praktek/aplikasi ikut merasakan bagaimana menghayati semangat nasionalisme, bela negara dan cinta tanah air sehingga benar-benar dapat meresap di hati sanubari para pelajar dan karang taruna. Kedepan diharapkan akan muncul bibit-bibit pemain fragmen berbakat yang dapat ditampilkan pada lomba-lomba fragmen yang lebih tinggi tingkat kota Surabaya bahkan Provinsi Jawa Timur.

Ketua Dewan Juri Rohmat Jokop Prakoso, M. Sn bersama 2 orang anggota mengadakan sidang pada hari Selasa 25 Nopember 2014. Berdasarkan beberapa kriteria penilaian, mengingat, menimbang akhirnya Dewan Juri memutuskan juara I direbut Karang Taruna Sidotopo Jaya RW 12 dari Koramil 02/Kecamatan Semampir, sementara juara II diraih oleh SMKN 7 Koramil 04/ kecamatan Bubutan dan juara III didapat perkumpulan Karang Taruna Naga Bonar Koramil 01/kecamatan Krembangan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0830/Surabaya Utara Gelar Lomba Fragmen Wawasan Kebangsaan