TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Komandan Korem 081/DSJ Hadiri Acara Suran Agung Tahun 2014

By 11 Nov 2014 19:58Kodam V/Brawijaya
8

Madiun, Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Czi M. Reza Utama menghadiri acara Suran Agung yang diselenggarakan oleh Padepokan Setia Hati Winonggo (PSHW) di Jalan Doho Winongo-Madiun. Minggu (9/11).

Suran Agung adalah prosesi yang diadakan oleh Padepokan pencak silat PSHW (Padepokan Setia Hati Winongo) yang berpusat di jalan Doho desa Winongo kecamatan Manguharjo Kota Madiun, Adapun tujuan diadakan acara Suran Agung adalah sebagai ajang silaturahmi antar warga PSH Tunas Muda Winongo sekaligus menyambut tahun baru Islam dan tahun baru Jawa, Malam hari diadakan acara pelantikan anggota yang sudah dinyatakan lulus/sah menjadi warga PSHW, Pagi harinya biasanya dilanjutkan dengan acara konvoi kendaraan (kebanyakan sepeda motor). Pesilat-pesilat ini identik dengan baju serba hitam dengan sabuk/ikat pinggang warna kuning, Anggota yang kebanyakan anak-anak muda ini, sering tidak bisa mengendalikan emosi saat konvoi. Akhirnya berujung pada kerusuhan, Kejadian inilah yang dari tahun ke tahun membuat masyarakat takut, Kota Madiun jadi tidak kondusif. Namun diakhir-akhir tahun ini semua sudah berubah, atas kesigapan serta pendekatan yang dilakukan aparat keamanan ketakutan serta kekuwatiran masyarakat kini sudah mulai hilang bahkan masyarakat sudah merasakan ketrentreman dan kenyamanan dengan adanya acara suran agung yang digelar tahun ini.

Dalam sambutannya Komandan Korem 081/DSJ mengatakan acara seperti ini memiliki arti yang sangat penting, karena disamping bersilaturahmi saling bertemu dengan sesama warga yang hadir, juga mengingatkan dan menanamkan kepada kita semua serta kepada seluruh keluarga besar Persaudaraan Setia Hati Winongo, bahwa seni bela diri pencak silat merupakan budaya bangsa yang turun temurun dari nenek moyang kita yang perlu kita jaga dan lestarikan.

Yang tidak kalah pentingnya juga untuk memahami Hikmah Suran Agung yang sudah menjadi tradisi tahunan Persaudaraan Setia Hati Winongo dengan tujuan agar tidak merusak rasa persaudaraan diantara sesama anak Bangsa dan sekaligus rasa Persatuan dan Kesatuan Negara yang kita cintai bersama ini. Kita semua berharap kiranya dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka akan semakin kentalnya rasa persaudaraan diantara kita sesama Persaudaraan Setia Hati Winongo dan juga sesama anak Bangsa lainnya dalam rangka membangun Negara yang kita cintai bersama ini.

Lebih lanjut Komandan Korem 081/DSJ mengungkapkan, bahwa Korem 081/DSJ menyiagakan sekitar 500 anggota TNI gabungan terdiri dari anggota Korem 081/DSJ, Kodim 0803/Madiun, Yonif 501, dan Paskas TNI AU, ini semua disiagakan untuk membantu tugas kepolisian serta untuk menciptakan kota madiun dalam keadaan tertib, nyaman dan aman. Tegasnya (Ls).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Komandan Korem 081/DSJ Hadiri Acara Suran Agung Tahun 2014