TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 084/BJ Gelar Seleksi Lomba Menyanyi Solo Lagu Perjuangan dan Baca Puisi Kebangsaan

By 29 Nov 2014 03:10Kodam V/Brawijaya
BEATRICK PESERTA LOMBA NYANYI DARI SDK ST THERESIA SURABAYA

Dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika tahun 2014 sekaligus untuk memupuk nilai-nilai patriotisme, cinta tanah air, perjuangan bangsa, kepahlawanan dan nasionalisme generasi muda, Korem 084/BJ mengadakan seleksi lomba menyanyi lagu perjuangan dan baca puisi kebangsaan bagi para pelajar SD, SMP dan SMA se-wilayah Korem 084/BJ. Para peserta berjumlah 120 orang pelajar berasal dari Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep.

Dalam wawancara singkatnya, Kasiterrem 084/BJ Letkol Inf S. Adi Birowo mengatakan sangat mengapresiasi antusiasme para pelajar untuk ikut lomba menyanyi dan baca puisi perjuangan. Karena terbatasnya waktu menyebabkan koordinasi lintas sektoral di daerah juga terbatas, sehingga Kodim-kodim di daerah belum sempat mengadakan seleksi, apalagi kesempatan latihan hanya 2 kali. Hari ini seleksi harus selesai karena besok sudah dimulai seleksi tingkat Kodam.

Lebih jauh Kasiter menegaskan bahwa keterbatasan waktu tersebut membuat panitia penyelenggara cukup sibuk tetapi tidak membuat para peserta patah semangat, pada umumnya para peserta lomba memang sudah mempunyai bakat sehingga hanya dengan sedikit latihan, mereka sudah mampu menampilkan yang terbaik.

Bambang Sutijanto, Dina Rukmini dan Ana Pranaweng Kapti S,Sn sebagai anggota Dewan Juri lomba menyanyi lagu perjuangan berpendapat bahwa lomba lagu dan puisi perjuangan sangat baik untuk anak-anak sekolah. Banyak anak-anak di daerah yang mempunyai bakat terpendam dapat terbina dan terlatih dengan adanya lomba lagu perjuangan seperti ini. Karena para peserta rata-rata memiliki kualitas vocal yang bagus, mereka berharap lomba semacam ini dapat dilanjutkan ketingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat provinsi bahkan tingkat nasional. Mereka juga berharap semoga jiwa patriotisme dan nasionalisme anak-anak secara dini dapat terbentuk, sehingga rasa cinta tanah air akan terpatri pada generasi muda yang akan datang.

Sementara itu Dewan Juri lomba baca puisi (Taufik Monyong, Maimura dan Drs. Teguh Hariono) menyebutkan bahwa dengan belajar sastra anak-anak dapat lebih mencintai karya sastra, karena di dalam karya sastra banyak hal-hal yang menarik untuk dihayati diantaranya yaitu : dengan karya satra anak-anak bisa mengapresiasi karya penyair besar dan terkenal, sekaligus mengapresiasi puisi dan jiwa-jiwa kepahlawanan, sehingga mampu mendorong semangat perjuangan dan nasionalisme, minimal bisa berbuat seperti penyair yang punya nama besar. Lebih jauh Maimura menyebutkan bahwa nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme bisa ditransformasikan melalui karya sastra, dengan demikian anak-anak kita bila menjadi pemimpin masa depan yang tidak hanya tangguh, terampil dan trengginas tetapi juga berwawasan budaya.

Akhirnya Dewan Juri memutuskan juara I menyanyi lagu perjuangan tingkat SD putra jatuh pada siswa Ariawan (SD Muhamadiyah 2 Surabaya), putri Zhafira Anandita Utami (SDN Pucang 1 Sidoarjo. Tingkat SMP putra Achmad Litausil A. (SMPN 2 Bangkalan), putri Aisyah Putri Rahuy (SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan). Untuk tingkat SMA putra Nafis Achmad (SMAN 1 Pamekasan), Putri Tsabita Alya (SMA Kartika IV-3 Surabaya).

Untuk Dewan Juri lomba baca puisi memutuskan juara I tingkat SD putra Erio Agustia, putri Zulfa Nur Zamilah. Tingkat SMP putra M. Fahri Alfarezi, putri Sisca Tri Wahyuni. Untuk tingkat SMA putra Raoh Akbar, putri Debi Nur Santi. Seluruh pemenang akan diikutkan seleksi/lomba tingkat Kodam V/Brw di Malang.

Hadir dalam lomba menyanyii dan baca puisi, Danrem 084/BJ, Kasrem, para Kasirem, Kabalak, para guru pembina/pendamping, perwira, bintara, tamtama dan PNS jajaran Korem 084/BJ, lomba berjalan aman, tertib dan lancar. (Pen084)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Tips Kesehatan Pengumuman Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 084/BJ Gelar Seleksi Lomba Menyanyi Solo Lagu Perjuangan dan Baca Puisi Kebangsaan