TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 084/BJ, Pemkot Surabaya & Masyarakat Sukseskan Jum’at Bersih & Penghijauan di Sepanjang Kali Mas

By 29 Nov 2014 11:47Kodam V/Brawijaya
1. karya bhakti tni, pemda (satpol pp) dan masy di bantaran sungai kalimas

Surabaya (28/11). Dalam rangka mendukung gerakan Jumat bersih, Korem 084/BJ. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan masyarakat mengelar Karya Bhakti/Gotong Royong bersama-sama membersihkan sampah-sampah dan penghijauan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Mas di kelurahan Gentengkali, kecamatan Gentangkali Surabaya. Karya Bhakti/Gotong Royong melibatkan ratusan prajurit, aparat Pemkot dan masyarakat kelurahan Gentengkali.

Menurut Bapak Sapto seorang penggiat lingkungan setempat berpendapat bahwa gerakan jum’at bersih di sepanjang aliran sungai sangat bermafaat bagi masyarakat kota Surabaya karena bertujuan untuk mengurangi sampah-sampah yang berserakan disungai dan biasanya menepi serta tersangkut di pinggir sungai. Sampah-sampah tersebut kalau dibiarkan dan tidak dibersihkan akan mencemari air sungai dan lama-kelamaan akan menjadi endapan serta menimbulkan pendangkalan aliran sungai yang pada akhirnya dapat menyebab naik ketinggian air sungai sampai menyebabkan banjir pada musim penghujan.

Lebih jauh Sapto juga berharap kegiatan gerakan penghijauan hendaknya juga terus digiatkan bersamaan dengan gerakan jumat bersih. Gerakan kebersihan dan penghijauan di sepanjang aliran sungai benar-benar diharapkan dapat berfungsi mencegah terjadinya banjir, erosi tanah dan tanggul yang dapat melindungi daerah pemukiman di sekitar sungai kali Mas.

Warga masyarakat bernama Kasdi yang kebetulan punya hoby memancing di sungai juga mengatakan bahwa kondisi sungai yang kotor dan penuh dengan sampah akan menyulitkan para pemancing menyalurkan hobynya, karena ikan sulit untuk berkembang biak di sungai tersebut. Untuk itu Kasdi berharap gerakan bersih-bersih sungai bersama TNI hendaknya terus dapat di galakkan. Hadir dalam karya bhakti jumat bersih dan penghijauan prajurit jajaran Korem 084/BJ, Satpol PP Pemkot Surabaya dan masyarakat kelurahan Gentengkali, kegiatan karya bhakti berjalan aman, tertib dan lancar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 084/BJ, Pemkot Surabaya & Masyarakat Sukseskan Jum’at Bersih & Penghijauan di Sepanjang Kali Mas