TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 084/BJ Periksa Kelengkapan Administrasi & Kelayakan Kendaraan Bermotor

By 26 Nov 2014 02:39Kodam V/Brawijaya
3. pemeriksaan kelengkapan administrasi

Surabaya (25/11). Korem 084/Bhaskara Jaya secara rutin mengadakan pemeriksaan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat termasuk kendaraan truk dan bus. Pemeriksaan kendaraan secara berkala dengan menjunjung tema “Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu-lintas dan Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan” bertujuan ke dalam untuk meningkatkan kesadaran disiplin berlalu-lintas, keamanan dan keselamatan di jalan anggota Makorem 084/BJ, sedangkan keluar untuk mendukung dan membantu Kepolisian RI dalam menggelar Operasi Zebra 2014 mulai tanggal 26 Nopember sampai dengan 9 Desember 2014. Sementara itu tujuan utama pemeriksaan kendaraan adalah mencegah dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan, terutama yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan bagi prajurit dan PNS Makorem 084/BJ saat berkendaraan di jalan raya. Sasaran pemeriksaan kendaraan bermotor melibatkan seluruh kendaraan dinas satuan maupun kendaraan milik pribadi.

Pemeriksaan kendaraan dimulai pukul : 06.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Kasiintelrem 084/Bhaskara Jaya Letnan Kolonel Inf Ismanto beserta staf dan dibantu 1 Regu Provost Korem 084/BJ. Seluruh prajurit dan PNS yang mempergunakan kendaraan bermotor baik kendaran dinas maupun pribadi, sebelum memasuki halaman Makorem 084/BJ, secara bergiliran diwajibkan untuk mengikuti proses pemeriksaan kelengkapan administrasi surat-surat dan pengecekan fisik kendaraan (saat melewati pos pemeriksaan) bertempat di depan Pos Penjagaan Makorem 084/BJ.

Adapun pemeriksaan kendaraan meliputi : kondisi fisik kendaraan seperti mesin, lampu, kaca spion, ban, rem, knalpot maupun kelengkapan administrasi surat-surat kendaraan pribadi maupun dinas berupa SIM, STNK, Helm standard SNI. Hal ini penting dan harus dilakukan oleh setiap pengendara kendaraan bermotor untuk menjaga keselamatan bagi prajurit dan PNS saat di jalan raya.

Setelah mengadakan pemeriksaan kendaraan, dalam pesannya saat mengambil apel pagi, Kasiintel meminta seluruh prajurit dan PNS untuk senantiasa mengecek kelengkapan administrasi dan kondisi fisik kendaraan bermotor sebelum berangkat maupun pulang dinas. Ikuti dan taati aturan yang ada dengan selalu mematuhi tata tertib berlalu lintas, terutama rambu-rambu/tanda-tanda lalu-lintas di jalan. Hendaknya senantiasa menjaga etika berlalu-lintas yang baik, pelihara sopan santun di jalan, budayakan etika saling menghormati, saling menghargai, senantiasa mengendalikan diri (kendalikan ego, arogansi dan emosi) dan lebih berhati-hati di dalam mengendarai kendaraan di jalan. Perhatikan faktor keselamatan diri sendiri maupun orang lain sehingga dapat berpergian, berkendaraan, bertugas dan bekerja di satuan masing-masing dengan selamat, aman, tertib dan lancar. Dengan membiasakan hidup berdisiplin di jalan raya dan mentaati segala peratutan lalu-lintas berarti kita ikut menjaga nama baik dan kehormatan satuan Korem 084/BJ.

Turut hadir dalam pemeriksaan kendaraan Para Kasirem, Kabalak, perwira, bintara dan tamtama Korem 084/BJ, pemeriksaan berjalan aman, tertib dan lancar.(Pen084).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam XVI/Patimura Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 084/BJ Periksa Kelengkapan Administrasi & Kelayakan Kendaraan Bermotor