Skip to main content
Berita Satuan

KOREM 161/WIRA SAKTI GELAR UPACARA HARI PAHLAWAN

Dibaca: 51 Oleh 11 Nov 2014November 13th, 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

“Pahlawan Idolaku”, demikian tema besar pada upacara peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2014 kali ini.Sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang, maka pada hari Senin (10/11) Korem 161/Wira Sakti dan jajaran menggelar upacara bendera memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember di lapangan upacara Ma Korem 161/Wira Sakti. Adapun sebagai pasukan upacara adalah Prajurit dan PNS jajaran Korem 161/Wira Sakti, serta tidak ketinggalan pula para pelajar SD Kristen Kayu Putih.

Danrem 161/Wira Sakti, yang dalam hal ini diwakili oleh Kasiter Rem 161/Wira Sakti Letkol Kav Jhony Harianto,bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI menyampaikan bahwa Sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) diperlukan perjuangan panjang . NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang , pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa,raga pikiran serta hartanya.

Untuk itu tema “Pahlawan Idolaku” diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan agar selalu terpatri di “dada” setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa, demikian di sampaikan Menteri Sosial RI.

Baca juga:  Korem 161/Ws Dan Angkasa Pura MOU Bedah Rumah Veteran

Lebih lanjut, bahwa sejarah bangsa dan negara Indonesia mencatat perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat. Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu supaya berani bertindak nyata untuk melawan penjajahan dan ketertindasan akibat kolonialisme dan imperialisme.

Upacara ini berjalan dengan tertib,aman dan khidmat, sehingga lebih memberikan makna bagi seluruh anggota jajaran Korem 161/Wira Sakti dalam memperingati Hari Pahlawan di tahun ini.

Selain Upacara Peringatan Hari Pahlawan ini, dalam waktu yang bersamaan dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2014, Korem 161/Wira Sakti juga menyelenggarakan Ziarah Nasional di TMP Dharma Loka Kupang, bertindak sebagai pimpinan Ziarah Nasional tersebut adalah Danrem 161/Wira Sakti Brigjend TNI Achmad Yuliarto.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel