TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM CEK KESIAPAN PAM VVIP KUNJUNGAN PRESIDEN RI

By 14 Nov 2014 00:41Kodam IX/Udayana
Gelar PSK 1

Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro, mengadakan pengecekan Pasukan Pengamanan VVIP, kunjungan Presiden RI, yang digelar pada apel kesiapan di Lapangan Makorem 163/Wira Satya, pada Kamis (13/11).

Apel Gelar Pasukan ini diikuti oleh seluruh pasukan yang terlibat dalam pengamanan baik TNI-AD dengan segenap unsurnya, TNI-AL, TNI-AU dan dari kepolisian dengan segala unsurnya.

Rencana kunjungan Presiden Republik Indonesia beserta rombongan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Nopember 2014 dalam rangka transit di Bandara Ngurah Rai setelah penerbangan dari Myanmar dan selanjutnya Presiden beserta rombongan akan bertolak ke Brisbane Australia untuk mengikuti Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Pada kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan, Pengamanan VVIP seperti ini sudah sering kali dilaksanakan baik pada even-even nasional maupun internasional sebelumnya, namun demikian dalam pelaksanaannya tidak boleh lengah ataupun menganggap sebagai sesuatu yang biasa dan rutin. Agar pelaksanaan pengamanan VVIP ini dapat berjalan dengan lancar dan aman maka perlu dilaksanakan Apel Gelar Pasukan seperti ini. Apel gelar ini bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) VVIP sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur dalam pelaksanaan di lapangan, dijadikan apel pengecekan ini sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya serta bila terjadi kendala di lapangan dapat segera diatasi.

Adapun inti penekanan yang disampaikan Pangdam adalah, pahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pegang teguh disiplin dengan memahami rantai Komando yang efektif dan efisien agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik. Cegah terjadinya kelengahan dengan cara meningkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain. Jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait dalam tugas pengamanan ini. Cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan dengan segera bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas dan terakhir kelima penekanan ini harus benar-benar dipedomani dan dipahami oleh seluruh personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan kali ini, demikian tegas Pangdam.

Demikian Apel Gelar kesiapan pasukan ini dapat berjalan dengan lancar dihadiri oleh Kapolda Bali, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Asisten, Para Kabalak Kodam IX/Udayana, Pejabat teras Polda Bali dan para undangan lainnya. (Pendam IX/Udayana).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

PANGDAM CEK KESIAPAN PAM VVIP KUNJUNGAN PRESIDEN RI