TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM I/BB BUKA KEMAH BAKTI PRAMUKA SAKA WIRA KARTIKA TAHUN 2014

PRAMUKA

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. Irup Upacara Pembukaan Kemah Bakti Pramuka Saka Wira Kartika Tahun 2014 di lapangan Buperta Sibolangit PTPN – IV, Kamis (13/11)

Pada Upacara tersebut Pangdam I/BB mengatakan selamat datang kepada adik-adik pramuka di Bumi Perkemahan Sibolangit, saya yakin masing-masing peserta telah menyiapkan diri dengan baik sehingga nantinya mampu menyelesaikan kegiatan dengan penuh rasa tanggung jawab. Kita ketahui bahwa dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan pembinaan generasi muda yang berkarakter dan memiliki jati diri kebangsaan yang kokoh dan rela berkorban, maka kodam I/BB khususnya wilayah Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Kemah Bakti Pramuka Saka Wira Kartika. Kegiatan ini sebagai sarana belajar, berkarya dan memperkokoh persaudaraan dan persatuan sesama anak bangsa, kemah bakti pramuka ini merupakan wahana pertemuan adik-adik pramuka seprovinsi Sumatera Utara, sebagai salah satu sarana yang tepat bagi para peserta dalam menyalurkan minat yang bersifat aktif, kreatif dan inovatif serta edukasi. Selain itu, kegiatan ini tentunya turut membantu membentuk generasi muda bangsa yang memiliki kepribadian yang baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil, mandiri dan memiliki semangat bela negara yang tinggi.

Lebih lanjut Pangdam Menyampaikan kepada seluruh perserta kiranya dapat memanfaatkan moment ini, terutama dalam hal peningkatan jiwa kebangsaan dan semangat bela negara, yang merupakan faktor pendukung dalam menjaga kedaulatan NKRI. Para adik-adik pramuka nanti akan diberikan materi pokok berupa krida navigasi darat, krida pioneer, krida mountaineering, krida survival dan krida penanggulangan bencana serta materi lain yang berhubungan dengan bela negara dan wawasan kebangsaan. Selanjutnya kepada para pembina, pamong dan instruktur, saya percayakan untuk melatih adik-adik pramuka menjadi pribadi yang memiliki SDM dengan mental yang baik, fisik yang kuat dan disiplin tinggi. Laksanakan pengawasan dan pengendalian selama penyelenggaraan kemah bakti berlangsung secara cermat dan konsisten, sehingga seluruh program dapat dilaksanakan sesuai rencana. Improvisasi dan kreatifitas kegiatan ini perlu dikembangkan sehingga kemampuan penalaran yang logis dan sistematis bagi peserta dapat berkembang dan mampu memecahkan masalah dengan tepat.

Pangdam I/BB juga menyampaikan beberapa atensi untuk dipedomani dalam kegiatan ini antara lain, laksanakan kegiatan dengan baik tanpa melupakan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap langkah dan tindakan, ikuti seluruh rangkaian materi dengan serius dan patuhi petunjuk serta arahan pembina dan instruktur serta pupuk jiwa korsa ditengah kehidupan kepramukaan, laksanakan pengamanan personel dan materiil serta pelihara peralatan yang dipertanggung jawabkan agar setiap saat siap digunakan.

Hadir dalam upacara tersebut Danrem 022/PT, Para Sahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Para Dandim Jajaran Korem 022/PT, Wairdam I/BB, Waasrendam I/BB, Dandim 0201/BS, Kasi Ltbangmas Provsu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM I/BB BUKA KEMAH BAKTI PRAMUKA SAKA WIRA KARTIKA TAHUN 2014