TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM IM TANAM PERDANA KEDELAI ANJASMORO

By 11 Nov 2014 20:11Kodam Iskandar Muda
P5 TANAM KEDELAI PERDANA2

Aceh Utara. Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, lakukan penanaman perdana kedelai jenis Anjasmoro bersama Pemda Aceh Utara serta kelompok Tani binter Malikussaleh bertempat di lahan seluas 40 ha di Desa Pinto Makmur Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Dalam acara tersebut di hadiri Danrem 011/LW, Danlanal, Asintel, Asops, Aster, Bupati Aceh Utara, Dandim 0103/Aut, Dansat Radar, Kapolres Aceh Utara, Muspida Aceh Utara Serta Kelompok Tani Binter. Kamis (23/10).

Pangdam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto menyampaikan bahwa kegiatan penanaman kedelai ini dalam rangka serbuan teritorial mendukung pemerintah mensukseskan program ketahanan pangan yang mana tanaman kedelai ini merupakan komoditi yang permintaannya terus meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan peningkatan kualitas hidup, hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah dan kami TNI dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Kedelai indonesia memiliki kwalitas yang sangat baik, bahkan terbaik dibandingkan dengan kedelai luar negeri atau kedelai impor. Kedelai merupakan salah satu tanaman komoditi yang bernilai tinggi saat ini, menjadi komoditi yang sangat di cari seiring dengan menipisnya stok kedelai di pasar dunia”. Ungkapnya.

Lebih lanjut Pangdam berharap, melalui program ini yaitu mensukseskan program ketahanan pangan dengan penanaman perdana jagung di area seluas 340.594 hektar lahan tidur dilahan milik pemda Aceh Utara, semua lahan tidur tersebut dapat kita fungsikan menjadi lahan pertanian dan mendorong serta mengajak masyarakat untuk mencintai profesi sebagai petani untuk semangat kembali bertani khususnya untuk menanam tanaman kedelai maupun tanaman tanaman komoditi yang lainya, seperti jagung, padi dan lain-lain. Masyarakat juga diharapkan makin bersemangat Manfaatkan lahan kosong ataupun kebun yang selama ini tidak di urus yang tidak menghasilkan menjadi lahan yang produktif karena kalo kita kelola akan menghasilkan sehinga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Aceh memiliki tanah yang subur dengan berbagai potensi sumber daya alam didalamnya, pada sektor pertanian “dahulu Aceh sebagai daerah yang memiliki sejarah ketahanan pangan yang kuat di masa lalu sangat berpotensi sebagai salah satu wilayah lumbung pangan, sebagai penopang ketahanan pangan nasional bahkan hingga ke manca negara”, Jelas Pangdam.

Dalam acara tersebut Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Pangdam Iskandar Muda, yang telah turut memotivasi dan mendorong petani untuk terus memacu pembagunan di daerah ini demi mempercepat kesejahteraan rakyat, serta terus berupaya menggerakkan usaha tani kedelai melalui optimalisasi pemamfaatan lahan sawah dan lahan tidur.“Kami sangat berterimakasih dan sangat mengapresiasi program perluasan areal tanam (PAT) kedelai ini, yang kita rencanakan mencakup seluruh kecamatan yang ada di Aceh utara untuk lima tahun kedepan”. Ungkap Muhammad Thaib.

Pada acara tersebut Pangdam Iskandar Muda juga menyerahkan bantuan secara simbolis, berupa bibit kedelai dan pupuk, alat semprot dan cangkul kepada Kelompok Tani Binter Malikussaleh yang merupakan kelompok tani binaan Kodim 0103/Aut. Bapak Pangdam Iskandar Muda dan Ibu juga menyerahkan bantuan buku tulis kepada anak-anak sekolah dan Masyarakat yang berada di sekitar desa Pintu Makmur, kec. Muara Batu, kab. Aceh Utara. kemudian di lanjutkan dengan penanaman perdana oleh Pangdam IM beserta Bupati dan Danrem 011/LW, TNI/Polri serta tamu undangan lainya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM IM TANAM PERDANA KEDELAI ANJASMORO