TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM: PRAJURIT HARUS SOLID, PROFESIONAL, TANGGUH, BERWAWASAN KEBANGSAAN, DICINTAI DAN MENCINTAI RAKYAT

By 18 Nov 2014 22:35Kodam XVI/Patimura
UST Kikav 4b

Ambon, Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan Denkav-5/BLC, selain itu untuk membekali dan mempersiapkan para prajurit Denkav-5/BLC dalam meningkatkan kualitas kinerja satuan guna menghadapi tugas-tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks. Sasaran dari UST Tingkat Kompi ini adalah tingkat kelulusan dalam menghadapi permasalahan materi yang diujikan terhadap satuan, sehingga didapatkan kriteria apakah satuan tersebut layak/tidaknya melanjutkan latihan lanjutan sesuai Program Kerja TA. 2014. Hal tersebut disampaikan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi S.Ip dalam sambutannya pada saat Pembukaan UST Kompi satuan Denkav-5/BLC yang dilaksanakan di halaman Mako Denkav 5/BLC, pagi tadi. (18/11).

Menurut Pangdam pelaksanaan UST ini sasarannya adalah agar para prajurit Denkav-5/BLC. mahir melaksanakan materi taktik tingkat kompi dalam tugas tempur sehingga diperolehnya data tingkat kesiapan tempur satuan setingkat kompi, terukurnya hasil pem-binaan latihan yang telah dilaksanakan serta diperolehnya data tentang kemampuan satuan dalam rangka latihan yang akan datang oleh karena itu maka setiap prajurit Denkav-5/BLC. dituntut untuk memiliki tingkat profesionalisme dan disiplin serta motivasi yang tinggi, sehingga mampu mengoptimalkan aplikasi doktrin, teknik dan taktik bertempur dengan persenjataan yang dimiliki serta meningkatkan kualitas individu sesuai tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tantangan tugas.

Mengingat pentingnya kegiatan UST ini, maka diharapkan dapat menjadi bekal bagi para prajurit dalam melaksanakan tanggung jawab sesuai tugas dan jabatannya masing-masing. Melalui pembinaan latihan yang teratur dan terukur, maka segenap prajurit dapat mewujudkan sosok prajurit yang solid, profesional, tangguh dan berwawasan kebangsaan serta dicintai dan mencintai rakyatnya sesuai misi TNI Angkatan Darat. Manfaat lain dari Uji Siap Tempur (UST) adalah memupuk rasa kebersamaan, jiwa korsa dan kemahiran tempur dalam bentuk tim/satuan serta membangun semangat korps para prajurit dalam rangka menghadapi tugas pengabdian di masa mendatang. Oleh karena itu, UST tingkat kompi ini hendaknya dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur kemampuan diri dan bahan evaluasi terhadap pelaksanaan latihan yang telah dilaksanakan.

Lebih lanjut Beliau berharap Dengan adanya UST tingkat kompi ini, agar para peserta UST dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan taktik dan teknik tempur sesuai tugas pokok Denkav-5/BLC, serta dapat mengaplikasi-kannya di lapangan, karena para prajurit akan diuji dengan beberapa materi pengetahuan dan keterampilan tentang taktik dan teknik tempur tingkat kompi dalam melaksanakan suatu Operasi sehingga UST tingkat kompi ini harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar memahami tugas dan perannya sebagai anggota satuan Detasemen Kavaleri yang mempunyai kualifikasi yang dapat dihandalkan, meskipun kita akui dan sadari bersama, bahwa kemampuan para prajurit, baik secara kualitas maupun kuantitas, masih terdapat kekurangan, maka perlu peningkatan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan sasaran akhir latihan ini mampu menjawab dan mengatasi kelemahan – kelemahan yang selama ini masih kita rasakan bersama. Pada kesempatan tersebut Pangdam didampingi para Asisten, para Komandan serta Kabalak untuk memeriksa secara langsung isi ransel protap, persenjataan ringan maupun berat dan Kendaraan lapis Baja (Panser Anoa, Fered) yang dimiliki oleh Denkav 5/BLC sebagai syarat utama kesiapan pelaksanaan UST.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kodam XIV Hassanudin Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM: PRAJURIT HARUS SOLID, PROFESIONAL, TANGGUH, BERWAWASAN KEBANGSAAN, DICINTAI DAN MENCINTAI RAKYAT