TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam XVII/Cenderawasih Menghadiri Acara Penutupan Latihan Pra Operasi Matoa V-2014

By 07 Nov 2014 01:10Kodam XVII/Cenderawasih
IMG_6632

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan menghadiri acara penutupan Latihan Pra Operasi Aman Matoa V-2014, bertempat di lapangan Pancasila Rindam XVII/Cenderawasih. Rabu, 5/11.

Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende memimpin jalannya upacara penutupan Latihan Operasi Aman Matoa V tersebut. Dalam amanatnya, Kapolda mengatakan bahwa tolak ukur keberhasilan dalam latihan tersebut adalah sejauh mana pelaksanaan operasi yang akan dilakukan yang akan digelar sampai akhir bulan desember mendatang. Materi yang telah disampaikan oleh para instruktur baik instruktur Polri maupun instruktur TNI agar benar-benar dipahami yang berisi informasi tentang karakteristik wilayah, tentang cara-cara bagaimana pergerakan saat dilapangan. Lebih fokus menentukan langkah-langkah kedepan serta resiko-resiko yang di alami serta menghindari jatuhnya korban aparat keamanan dan dari masyarakat sipil seminimal mungkin.

Latihan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya salah sasaran disaat melakukan tindakan upaya penegakan hukum serta target operasi dapat dilakukan secara profesional dan tidak keluar koridor serta ketentuan hukum. Segala kegagalan dalam menjalankan latihan, jangan menjadikan alasan untuk tidak dapat melaksanakan kegiatan operasi tersebut dengan sungguh-sungguh.

Kapolda berharap dengan segala keterbatasan dan kekurangan tersebut justru menjadi salah satu bentuk latihan bersama untuk melatih kesabaran juga memunculkan ide-ide kreatif saat menghadapi permasalahan yang mungkin lebih berat di medan sesungguhnya. Kekurangan dan keterbatasan tersebut adalah sebagai bahan evaluasi dan dilapangan akan menjadi bahan koreksi untuk melaksanakan kegiatan operasi dengan sebaik-baiknya.

Kapolda dan seluruh pimpinan yang berada di jajaran TNI dan Polri sangat yakin dan percaya bahwa dalam pelaksanaan di medan tugas seluruh prajurit dapat mengaplikasikan latihan yang telah diterima dengan baik. Semangat kebersamaan dan rasa soliditas antar sesama rekan maka pasti akan sanggup mengatasi semua tantangan yang akan muncul di medan operasi.

Kapolda juga mengucapkan banyak terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua instruktur serta penyelenggara latihan yang telah berupaya maksimal mulai dari tahap persiapan hingga dengan selesainya pelatihan tersebut. (Prd/Cen)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam XVII/Cenderawasih Menghadiri Acara Penutupan Latihan Pra Operasi Matoa V-2014