TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM XVI/PATTIMURA PIMPIN PANTUKHIR CATAM TAHAP II TA. 2014

By 22 Nov 2014 20:50Kodam XVI/Patimura
Pantukhir Catam 2

Panitia penerimaan Calon Tamtama (Catam) prajurit TNI-AD Kodam XVI/Pattimura pada Jumat (21/11/14) menyeleksi 199 orang peserta Pantukhir Catam TNI-AD, bertempat di Aula Rindam XVI/Pattimura. Seleksi Pantukhir yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi ini merupakan tahapan akhir dari rangkaian penerimaan prajurit TNI-AD di Kodam XVI/Pattimura dengan melibatkan Panitia dari para jajaran Kodam XVI/Pattimura dan Tim dari Pusat yang terdiri dari Spers Angkatan Darat, Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad), Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) terkait untuk mendapatkan sosok seorang prajurit TNI-AD yang memiliki kualitas fisik dan mental profesional dan proporsional.

“Kodam XVI/Pattimura akan memiliki prajurit-prajurit handal dan bisa dibanggakan dalam menjalankan tugasnya untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara Indonesia tercinta” Hal tersebut sesuai harapan Pangdam saat memimpin sidang Pantukhir, Menurutnya seleksi penerimaan prajurit khususnya penerimaan calon Tamtama merupakan bagian yang sangat penting dan mempunyai dampak strategis bagi pembinaan serta penggunaan kekuatan satuan jajaran TNI di masa mendatang. Kegiatan rekruitmen calon Tamtama merupakan kegiatan yang sangat strategis dan harus dilaksanakan secara selektif serta berpedoman pada peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Disamping itu, Pangdam menyampaikan kepada Tim Panitia Pantukhir bahwa untuk mendapatkan sosok seorang prajurit TNI-AD yang memiliki kualitas fisik, mental profesional dan proporsional yang ideal terletak pada psikologi calon prajurit tersebut, saya secara pribadi tidak mengkesampingkan Jasmani maupun akademik karena hal tersebut bisa dididik selama di lembaga pendidikan nantinya. Sebagai contoh yang sudah terlihat banyak beberapa kasus yang sudah terjadi yaitu mudahnya calon prajurit putus asa,tidak mempunyai pola pikir yang panjang dan tidak bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang diakibatkan oleh dirinya sendiri akhirnya mengakibatkan berbagai tindakan pelanggaran prajurit baik itu THTI, Asusila, Desersi. Beliau juga menegaskan kembali kepada Tim Panitia tentang komitmen bahwasanya tidak ada prajurit membayar dalam proses penerimaan atau perekrutan.”Seorang Prajurit sudah sengsara jangan ditambah sengsara lagi oleh perbuatan-perbuatan yang merugikan tersebut”tegasnya.

Melalui berbagai pertimbangan dan penilaian yang ketat, para panitia Pantukhir memutuskan mengambil 191 orang dari 199 orang peserta untuk diterima sebagai calon Tamtama prajurit TNI-AD Kodam XVI/Pattimura, peserta yang lulus Pantukhir ini dalam waktu dekat akan mengikuti Pendidikan dan Latihan dasar Sekolah Calon Tamtama prajurit karier TNI-AD gelombang II TA. 2014 di Secata Rindam XVI/Pattimura Suli, selama 5 bulan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM XVI/PATTIMURA PIMPIN PANTUKHIR CATAM TAHAP II TA. 2014