TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

“Pelaksanaan cap tangan 5 jari sebagai komitmen untuk tidak merokok”

By 17 Nov 2014 06:36Kodam XVI/Patimura
HKN 50 d

Ambon (16/11) – Acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun ini mengambil tema “Komitmen Tidak Merokok”, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada kita semua tentang hidup sehat dengan memahami secara mendalam akibat yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok. Kita semua mungkin telah mendengar dan mengetahui sekilas tentang bahaya merokok melalui media massa tujuannya untuk menyadarkan diri kita agar memahami dan sadar tentang bahaya merokok, memang membutuhkan waktu dan kepedulian serta upaya-upaya secara terus-menerus. Himbauan tersebut disampaikan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi pada sambutan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50 yang dibacakan oleh Kepala Kesehatan Kodam XVI/Pattimura Kolonel Ckm Dr. Tjuk Dwi Sardadi Bertempat di Halaman Makodam pagi ini.

Perlu kita ketahui bahwa, hingga saat ini sebagian kita belum memiliki kesadaran yang tinggi untuk memerangi kebiasaan merokok. Kita baru merasa berkepentingan untuk mewaspadai bahaya merokok ketika menemui penyakit yang dapat membahayakan akibat kebiasaan merokok, kita perlu saling memahami untuk membangun keyakinan semua pihak dan setiap orang tentang pentingnya hidup sehat, serta tekad dan kiprah bersama bahwa tindakan dan aksi pencegahan bagaimanapun lebih baik daripada pengobatan. Disinilah letak pentingnya kesadaran hidup sehat, yaitu peran serta kita semua sangat diperlukan dalam memerangi kebiasaan merokok. Oleh karena itu bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional 2014, mari kita berkomitmen untuk tidak merokok, diharapkan kita dapat memiliki bekal dalam membangun sikap mental dan jati diri kita agar terbebas dari bahaya yang ditimbulkan dari merokok.

Demikian disampaikan sambutan yang disampaikan Pangdam XVI/Pattimura pada Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50. Pada kesempatan tersebut Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Prov. Maluku Ny. Yohana Rahail M. Kes juga menghimbau untuk mengajak berhenti merokok, dan bagi yang belum merokok jangan mencoba untuk merokok karena salah satu bahan baku rokok yaitu Tembakau merupakan faktor resiko pada 6 dari 8 penyebab kematian utama yaitu penyakit jantung, penyakit kardio vaskuler, inveksi saluran nafas, penyakit paru-paru, HIV/Aids, Diare dan TBC. WHO menyebutkan bahwa 6,5 detik satu orang meninggal karena rokok kemudian Prov. Maluku menepati urutan ke-5 di Indonesia jumlah prevalensi perokok terbesar, sementara Indonesia sendiri menduduki posisi peringkat Ke-3 dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah China dan India.

Bagi orang yang tidak ikut merokok apabila berdekatan dengan perokok (Perokok Pasif) sama saja akan menghirup 2 kali lebih banyak nikotin, 5 kali lebih banyak karbon monoksida, 3 kali lebih banyak Tar dan 50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Beliau pada kesempatan tersebut mengajak kepada seluruh masyarakat Maluku pada khususnya”daripada buang-buang uang untuk membeli rokok dan menyusahkan keluarga, lebih baik mari kita berkomitmen untuk tidak merokok”.tandasnya.

Peringatan tersebut dilaksanakan di 3 (tiga) tempat yaitu Lapangan Makodam, Lapangan Lantamal IX dan di jalan Ay. Patty diikuti ± 500 orang peserta itu berasal dari lintas sektor, antara lain seluruh pejabat Kodam XVI/Pattimura, RST Dr. Latumetten, RS Bhakti Rahayu, RS Al-Fatah, RSU Dr. Halussy, Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) Maluku, Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan), Palang merah Indonesia (PMI), PLN Maluku, perwakilan Pusdokkses Polda Maluku, para prajurit dan PNS jajaran Kodam XVI/Pattimura. Hari Kesehatan Nasional dimeriahkan berbagai acara maupun kegiatan antara lain Senam jantung sehat, cap tangan 5 jari komitmen untuk tidak merokok serta terakhir pemberian hadiah dan Doorprize.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

“Pelaksanaan cap tangan 5 jari sebagai komitmen untuk tidak merokok”