TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PENERIMAAN DAN PELEPASAN SATGAS PAMTAS RI-RDTL YONIF 744/ SYB

By 28 Nov 2014 01:04Kodam IX/Udayana
DSC_0117

Rabu, 26 November 2014, Wilayah perbatasan RI-RDTL menjadi tanggung jawab satuan yang terlibat secara langsung sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI RDTL yang terletak di daerah perbatasan Kabupaten Kupang dan TTU dengan Distrik Oecussi (Timor Leste) sepanjang + 119.7 km serta Kabupaten Belu dengan Timor Leste sepanjang + 149,1 km. Berbeda dengan tahun sebelumnya Satgas Pamtas RI-RDTL oleh 1 ( satu) Batalyon dengan perkuatannya , maka tahun ini Pengamanan Perbatasan RI-RDTL dilaksanakan oleh 2 ( Dua ) Batalyon, yaitu Yonif 744/SYB di sektor Barat dan Yonif 514/Raider Kostrad di sektor Timur.

Berkaitan dengan hal tersebut, Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto selaku Dankolakops Satgas Pamtas RI–RDTL pada Rabu ( 26/11) bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Penerimaan danPelepasan Satuan Tugas Pengamanan RI-RDTL Yonif 744/SYB di Lapangan Kompi C Yonif 744/SYB Tobir, Kefamenanu. Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB Letkol Inf Yudhi Gumilar.

Pada upacara tersebut dihadiri oleh Danbrigif 21/Komodo Kolonel Inf Reza Pahlevi, Kasi Intelrem 161/Wira Sakti Letkol Arm Eusebio Hornai Rebelo, Kapolres TTU AKBP Robby Meidianus Samban, yang mewakili Brimob dan yang mewakili Kejari TTU, serta tamu undangan lainnya.

Setelah diterima secara resmi, Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto selaku Dankolakops Satgas Pamtas RI – RDTL kemudian memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Satgas.

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB dan perkuataannya harus melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin, pelajari tugas, kuasai peraturan yang ada, segera beradaptasi dengan lingkungan masyarakatnya baik mengenal adat istiadat dan budaya serta senantiasa menjunjung tinggi kearifan lokal yang ada. Menjalin komunikasi yang baik dengan segenap komponen masyarakat yang ada di perbatasan RI RDTL serta senantiasa berkoordinasi dan bekerjasama dengan aparat keamanan dan dinas/instansi terkait baik di wilayah RI maupun RDTL,salah satunya dengan melaksanakan patroli gabungan, tegas Danrem 161/Wira Sakti.

Lebih lanjut, agar Satgas Pamtas RI RDTL Yonif 744/SYB tidak melakukan kegiatan illegal di perbatasan atau kegiatan pelanggaran lainnya yang dapat merugikan masyarakat secara umum dan citra TNI, juga memanfaatkan waktu yang ada dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Dalam kegiatan tersebut, Danrem 161/Wira Sakti memberikan kesempatan kepada Kapolres TTU AKBP Robby Meidianus Samban untuk memberikan pengarahan kepada Prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB.

Secara umum situasi Keamanan dan Ketertiban di Perbatasan RI-RDTL khususnya di Wilayah Polres TTU dalam keadaan aman dan kondusif, meskipun demikian mari kita tingkatkan hubungan yang sudah harmonis antara Polres TTU dengan Satgas Pamtas RI-RDTL, dalam hal ini adalah Satgas Pamtas RI-RDTL yang baru yaitu Yonif 744/SYB, jelas Kapolres TTU.

Satgas Pamtas RI RDTL Yonif 744/SYB akan menggantikan tugas Yonif 742/SWY sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL yang telah melaksanakan tugas selama kurang lebih 9 bulan, disepanjang perbatasan darat RI-RDTL sektor barat di wilayah Kabupaten Kupang dan Kabupaten TTU.Sedangkan di sektor timur akan di isi Yonif 514/Raider Kostrad dari Kodam V Brawijaya.

Personil dari Yonif 744/SYB dengan perkuatannya, yang terdiri dari Tim Hubdam IX/Udayana, Tim Inteldam IX/Udayana, Tim Pomdam IX/Udayana, telah siap melaksanakan Tugas Pengamanan RI – RDTL, pada hari ini Kamis (27/11) Satgas Yonif 744/SYB akan mulai memasuki Pos-Pos yang berada di Sektor Barat.

Direncanakan, Pasukan Satgas Pamtas RI-RDTL yang akan bertugas di sektor timur, yaitu Yonif 514/Raider Kostrad, akan tiba di Lantamal VII Kupang pada hari Sabtu 29 November 2014 dengan menggunakan KRI Teluk Ratai,dilanjutkan dengan Upacara Penerimaan dan pelepasan memasuki Pos- Pos Perbatasan di sektor Timur, Sedangkan Upacara pelepasan Yonif 742/SWY yang telah Purna Tugas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL di rencanakan pada hari Rabu 3 Desember 2014 di Lantamal VII Kupang. (penrem 161/ws)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PENERIMAAN DAN PELEPASAN SATGAS PAMTAS RI-RDTL YONIF 744/ SYB