TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Raider Harus Mampu Melaksanakan Tugas Operasi Yang Bersifat Khusus

By 18 Nov 2014 16:37Kodam VI/Mulawarman
20141117e

Balikpapan (17/11). Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Lodewyk Pusung secara resmi membuka latihan pemantapan Raider satuan Yonif 600/R bertempat Markas Batalyon Infanteri 600/Raider Kelurahan Manggar Kecamatan Balikpapan Timur Sabtu 15 Nopember 2014.

Latihan yang direncanakan berlangsung selama 10 hari tersebut untuk mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang telah dilatihkan selama ini. Materinya yang dilatihkan adalah Pertempuran Jarak Dekat (PJD), Drill Kontak, Infiltrasi, Exfiltrasi, Mobil Udara (Mobud), Ralasuntai, Raid Pembebasan Tawanan, Raid Penghancuran dan Penanggulangan Teroris.

Pembukaan Latihan ditandai dengan penyematan tanda pita kepada perwakilan pelatih dan pelaku oleh Kepala Staf Kodam VI/Mlw.  Kegiatan tersebut di hadiri oleh Asintel, Kabekang, Katopdam VI/Mlw  dan perwakilan masing-masing Staf Umun maupun Kabalak serta Komandan Satuan..

Dalam amanat tertulisnya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.IP.  yang dibacakan oleh Kasdam VI/Mlw menegaskan bahwa penyelenggaraan latihan pemantapan Raider, seperti yang kita laksanakan sekarang ini merupakan salah satu metoda latihan yang secara spesifik bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kemampuan teknis dan taktis satuan Raider baik dalam konteks perorangan maupun dalam hubungan satuan, sehingga satuan ini benar-benar mampu dalam melaksanakan tugas operasi yang bersifat khusus, sebagaimana yang diharapkan oleh komando atas.

Batalyon Infanteri 600/Raider sebagai satuan pemukul Kodam VI/Mulawarman yang disiapkan untuk melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk mengatasi ancaman dan gangguan yang timbul di wilayah Kodam VI/Mulawarman perlu ditingkatkan kemampuannya melalui latihan yang bertahap, bertingkat dan berlanjut dalam rangka mendukung tugas pokok.

Diakhir amanatnya Kasdam VI/Mlw berharap supaya latihan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan operasional Yonif 600/Raider sebagai satuan pemukul Kodam VI/ Mulawarman. Hal ini sejalan dengan Tema Latihan yaitu “Satuan Yonif 600/Raider Melaksanakan Operasi Khusus di Wilayah Kalimantan Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Kodam VI/Mulawarman”. (Penerangan Kodam VI/Mlw)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kostrad Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Raider Harus Mampu Melaksanakan Tugas Operasi Yang Bersifat Khusus