Skip to main content
Kodam Jaya

Rapat Koordinasi Penanggulangan Banjir di Wilayah Korem 051/Wkt

Dibaca: 153 Oleh 22 Nov 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Komandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudiyanto, menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan banjir, di Makorem 051/Wkt, Jumat (21/14). Rakor ini bertujuan untuk membahas mengenai penanggulangan banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan daerah penyangga, termasuk Bekasi dan Depok, serta menjalin kerjasama dalam mencari solusinya. Pembahasan Struktural, Non struktural, dan kultural. “Bukan saatnya membahas banjir disaat banjir, namun kita harus mencari solusi dan penanggulangan untuk kedepannya,” ujar Danrem.

Pada rakor ini, dibahas dalam sifat yang nonstruktural yaitu pendekatan nonstruktural yakni melalui penanaman kegiatan vegetatif atau penghijauan di daerah hulu, penataan sempadan sungai, membangun lahan ruang terbuka hijau sebagai daerah resapan air dan penertiban pemanfaatan ruang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Poin pendekatan kultural terkait dengan kebiasaan masyarakat yakni melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat, penanganan masalah sampah berbasis masyarakat. Danrem menjelaskan, tugas pokok TNI membantu penangulangan bencana telah diatur sesuai UU TNI No 34 Tahun 2004 dengan menyediakan tenaga dan peralatan yang dimiliki. Karena itu, ia mengimbau kepada anggotanya agar bisa memelihara kesiapan anggotanya yang bertugas di lapangan dengan memperkuat tim kesehatan, ambulans, dapur umum dan sitem komunikasi. “Salah satu tugas kami sesuai UU TNI, mengatasi penanggulangan bencana. Kami berusaha semaksimal mungkin terutama untuk tanggap darurat. Kami lebih membantu pada tenaga dan peralatan,” ungkap nya.

Baca juga:  Wujudkan Masyarakat Yang Sehat, Satgas Yonif 742 Berikan Pengobatan Gratis

Dana dalam kegiatan ini pada umumnya didukung BNPB Pusat, Daerah, Pemerintah Pusat dan Pemda. Serta perusahaan-perusahaan yang ingin menyalurkan dana sosialnya alias Corporate Social Responsibility (CSR). “Sehingga memudahkan kami melaksanakan pekerjaan. Kita bersama harus bisa mengatasi persoalan. Akar persoalan yang harus diatasi agar tak berulang. Korem 051/Wkt dan jajaran pada dasarnya siap dimintai bantuan,” jelas Kolonel Inf Rudianto.

Hadir dalam pertemuan tersebut Para Dandim dijajaran Korem 051/Wkt, para Danramil, para Kepala BPBD, Kepala SKPD, Camat dan Basarda.  Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Mukhtar, S.IP

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel