Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Satgas BKO Armed Gelar Bhakti Sosial di Lingkungan Masyarakat Kairatu

Dibaca: 39 Oleh 05 Nov 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kairatu, (01/11)seiring dengan semakin meningkatnya populasi lansia pemerintah telah merumuskan berbagai kebijakan pelayanan kesehatan usia lanjut dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lansia. Untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Sebagai wujud nyata mendukung pelayanan sosial tersebut personel kesehatan satgas BKO Yonarmed 13/Nanggala Kostrad, Lettu Ckm dr. Yoyok Nike sebagai dokter Satgas BKO bekerja sama dengan Puskesmas dan wadah pelayanan perempuan Jemaat Kairatu memberikan pelayanan sosial dan kesehatan di tingkat masyarakat. Dengan menyelenggarakan posyandu lansia yang dilaksanakan di gedung Mangga-mangga desa Kairatu. Untuk anggota yang terdaftar di posyandu lansia ini berjumlah kurang lebih 50 orang. Kelancaran kegiatan tersebut tidak terlepas dari peran serta tokoh masyarakat, keluarga dan lansia itu sendiri.

Bentuk pelayanan yang diberikan di posyandu lansia ini meliputi pemeriksaan fisik dan mental emosional yang di catat dan di pantau dengan kartu menuju sehat (KMS). Jenis pelayanan kesehatan yang di berikan adalah pemeriksaan status mental, pemeriksaan status gizi, pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensimeter dan stetoskop, penyuluhan kesehatan serta memberikan rujukan ke Puskesmas bilamana ada keluhan atau ditemukan kelainan pada pemeriksaan yang perlu penanganan lebih lanjut.

Baca juga:  Danrem 162/WB : Suarakan Solidaritas Dengan Damai Dalam Bentuk Istighosah

Dengan adanya kegiatan posyandu lansia ini diharapkan dapat memberikan manfaat serta meningkatkan pengetahuan para lansia tentang kesehatan,sehingga mereka dapat mengetahui gejala dan keluhan penyakit lebih dini dengan begitu dapat dilakukan tindakan pencegahan sedini mungkin guna menghindari faktor resiko yang lebih besar akibat timbulnya suatu penyakit.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel