TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SISTEM INFOMASI DATA LOGISTIK TNI AD

By 25 Nov 2014 01:47Kodam II/Sriwijaya
DSC_0019

Dalam upaya memberikan pencerahan dan pemahaman terkait ketentuan dalam Sistem Informasi Data Logistik yang berlaku di lingkungan TNI AD, staf Logistik Mabesad, Senin (24/11/2014) melaksanakan sosialisasi Sisfodatalog TNI AD TA. 2014 di Kodam II/Swj bertempat di gedung Sudirman Makodam II/Swj.

Panglima Kodam II/Swj Mayjen TNI Iskandar M. Sahil dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Aslog Kasdam II/Swj Kolonel Czi Fathur Rachman mengatakan bahwa dalam bidang logistik, TNI AD telah mengaplikasikan SIMAK BMN versi Kemenkeu. Akan tetapi, aplikasi SIMAK BMN tersebut terbatas untuk penyusunan laporan SIMAK BMN dan belum dapat untuk menentukan rencana kebutuhan logistik sesuai dengan TOP/DSPP yang ada. Saat ini, Disfolahtad telah membuat Sistem Informasi Data Logistik TNI AD yang mampu menyajikan data kebutuhan Alpal, bekal dan fasilitas sesuai TOP/DSPP, jumlah nyata dan kekurangan Alpal, bekal dan fasilitas dihadapkan dengan TOP/DSPP, dan berbagai fungsi lain yang dapat diakses secara online.

Sementara itu, Aslog Kasad Mayjen TNI Suratmo, M.Si (Han) dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pabandya-2 Dalwas Spaban-1 Slogad Letkol Cku Hariandi F., S.E mengatakan bahwa penyajian data yang cepat, valid dan akurat menjadi sebuah kebutuhan mendesak, khususnya dalam mendukung manajemen logistik modern. Saat ini TNI AD telah memiliki dan mengoperasikan sistem data logistik SIMAK BMN yang kita kenal dengan aplikasi simak BMN versi Kemkeu. Aplikasi data SIMAK BMN tersebut adalah penyusunan Laporan simak BMN yaitu hanya merekam dan menyajikan data materiil, bekal dan fasilitas dari aspek jenis,jumlah dan satuan pengguna dan nilai tanpa memperhitungkan TOP/DSPP, sehingga data yang disajikan dari aplikasi dari data simak tersebut tidak bisa untuk menentukan kebutuhan logistik atau belum bernilai perencanaan, ujarnya.

Oleh karena itu, Disinfolahtad saat ini telah membuat sistem informasi data logistik TNI AD yang nantinya dapat diakses secara online di tingkat kotama/Balakpus keatas, sedangkan untuk tingkat Kotama kesatuan bawah masih secara offline. Dengan sistem data logistik online tersebut maka data logistik yang valid dan bisa disajikan dengan cepat dapat terjawab dan perencanaan logistik dapat disusun dengan baik berdasarkan skala prioritas yang tajam sesuai kondisi riil di lapangan. Selain itu juga, mesin ini juga bisa sebagi pencari data baik ranmor, senjata, ranpur berdasarkan No reg, No senjata dan dimungkinkan menyajikan kondisi Alpal berdasarkan foto, jelasnya.

Hadir pada acara sosialisasi tersebut tim Sosialisasi, Para Pejabat Teras Kodam II/Swj, Para Komandan/Ka Balakdam II/Swj, Serta para peserta Sosialisasi Sisfodatalog TNI AD dan Input Data Logistik.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SISTEM INFOMASI DATA LOGISTIK TNI AD