TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 H Di Kodam Jaya

By 13 Nov 2014 04:28Kodam Jaya
Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 H, Mari sikapi momentum tersebut dengan muhasabah (introspeksi diri), misalnya apakah ibadah atau amal saleh kita selama ini sudah memenuhi syarat untuk diterima oleh Allah SWT? Yaitu, dilandasi keimanan, ilmu, ikhlas, dan sesuai dengan sunah Rasul? Bekal amal saleh apa yang sudah kita miliki untuk kehidupan di akhirat kelak, muhasabah harus kita lakukan sepanjang waktu, hari demi hari, bahkan detik demi detik. Tapi setidaknya, pergantian tahun baru Islam menjadi “momentum tahunan” muhasabah.

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu sekalian kepada Allah, dan hendaklah setiap diri, mengevaluasi kembali apa yang telah dilakukan untuk hari esok (akhirat)…” (QS. Al-Hasyr: 18).

“Dengan datangnya Tahun Baru Hijriyah ini, Kesadaran dan keberanian mengoreksi kelemahan atau kekurangan, akan menjadi bekal berharga guna memperbaiki hubungan dengan Sang Maha Pencipta, hubungan dengan sesama manusia dan makhluk hidup lainnya serta menjadikan diri lebih berkualitas di hari esok”. Itulah yang disampaikan Pangdam Jaya/Jayakarta dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irdam Jaya Kolonel Inf Besar Harto pada peringatan Tahun baru Islam di Masjid Al-Jihad Makodam Jaya/Jayakarta, Rabu (12/11)

Dalam memperingati tahun baru Islam 1436 H kali ini, di isi dengan siraman rohani oleh Ustat H. Fikri Haekal MZ. Dalam penyampaian tausiahnya bahwa Hijrah adalah perjalanan menjaga iman dan Hikmah dari hijrah adalah meningkatkan nilai iman kpd Alloh dan menjaga kerukunan, kekompakan serta kebersamaan. Orang yg beriman kpd Alloh SWT akan mendapatkan imbalan surga. Bagi orang-orang yg ada dineraka yg msh mempunyai iman walaupun hanya sedikit akan diberikan surga oleh Alloh SWT walau harus menjalani proses dari Alloh SWT. Salah satu mahluk yg mendapatkan jaminan ampun dari Alloh SWT adalah Nabi Muhammad SAW. Shalat dan Ibadah yg kita kerjakan akan bermanfaat buat diri kita. Selama masih diberikan umur panjang mari kita perbanyak amal ibadah kita. Di tahun baru Hijriyah ini kita semua agar selalu mencontoh dan meneladani sikap dan perilaku Nabi Besar Muhammad SAW, karena tahun Hijriyah itu diawali dari perjalanan Nabi Besar Muhammad SAW dari Mekah menuju Madinah, yang hanya semata-mata patuh, taat perintah Allah Swt.

Bagi keluarga besar prajurit dan PNS Kodam Jaya, spirit tahun baru adalah waktu yang tepat dalam rangka penanaman dan pemantapan nilai kejuangan dilandasi semangat kerukunan, kebersamaan, militansi dan soliditas serta profesionalisme yang tinggi. Kerahkan kemampuan dan potensi yang dimiliki untuk berbuat sebanyak-banyaknya amal kebaikan dan peduli terhadap kesulitan sesama, dengan mengedepankan peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Dengan tahun baru Islam kali ini selaras dengan tema tahun baru yang berbunyi, “Melalui Hikmah Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1436 H/2014 M, Kita Mantapkan Keimanan dan Ketaqwaan Prajurit TNI AD sebagai Landasan Moral dalam Pengabdian kepada Bangsa dan Negara”.

Kegiatan diawali lagu-lagu Marawis dari Denzipur 3 dan Kalam Illahi oleh Sertu H Yuska dan Saritilawah Serma (K) Ismi. Dan diikuti oleh seluruh prajurit , PNS dan Persit KCK PD Jaya. Authetikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Mukhtar S.IP

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVI/Patimura Kodam II/Sriwijaya Kostrad Artikel Tips Kesehatan Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 H Di Kodam Jaya