TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tatap Muka Pangdam XVII/Cenderawasih Dengan Para Tokoh Agama Se-Jayapura

By 27 Nov 2014 04:02Kodam XVII/Cenderawasih
IMG_1357

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan, S.E. mengadakan acara tatap muka dengan para tokoh agama se-Jayapura bertempat di Aula Tony A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Rabu (26/11).

Dalam acara tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa dengan adanya acara tatap muka dengan tokoh agama digunakan sebagai sarana perkenalan dan pendekatan antar para tokoh-tokoh agama di Papua. Adapun tujuan dari acara tatap muka yang dilaksanakan ini adalah untuk memelihara hubungan antara prajurit Ksatria Pelindung Rakyat dengan para tokoh agama se-garnizun Jayapura. Sehingga senantiasa terjalin kerjasama yang harmonis dalam mewujudkan ketahanan wilayah yang kokoh guna mendukung pembangunan di wilayah Papua. Selain itu, pertemuan ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kebersamaan dan membangun komunikasi yang baik, sehingga dapat terwujud kesamaan cara pandang dalam menyikapi berbagai permasalahan aktual yang terjadi di Papua.

Pangdam juga mengatakan bahwa masyarakat Papua adalah masyarakat yang hidup dengan berbagai macam perbedaan agama, suku maupun bangsa. Perbedaan tersebut di satu sisi merupakan kekayaan bangsa yang luar biasa. Akan tetapi bila tidak dikelola dengan benar, maka akan berubah menjadi ancaman bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, yang pertama dan utama yang harus dilakukan adalah menjaga kerukunan agar jangan sampai rusak dan ternoda oleh tindakan-tindakan yang dapat memecah belah persatuan NKRI.

Pemerintah pusat maupun daerah telah mengeluarkan sejumlah aturan dan perundangan dalam rangka menciptakan kerukunan dan persatuan bangsa. Akan tetapi, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam menciptakan dan menjaga kerukunan dan persatuan tersebut, mengingat banyak hal terutama menyangkut masalah keyakinan dan prinsip-prinsip yang dianut masyarakat. Sehingga tokoh agama memiliki peran yang sangat strategis dalam menjaga dan menciptakan kerukunan masyarakat tersebut.

Diharapkan kepada komponen yang terkait agar tetap menjaga situasi yang kondusif ini dengan saling menghormati, menghargai, bekerja sama antar sesama pemeluk agama dan mengakui persamaan derajat, persamaan hak, tanpa membedakan suku, keturunan, agama, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Deliaman Th. Damanik, para Asisten dan Kabalak, ketua sinode dan pimpinan agama di Jayapura. (Prd/Cen)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Tips Kesehatan Pengumuman Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tatap Muka Pangdam XVII/Cenderawasih Dengan Para Tokoh Agama Se-Jayapura