TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tingkatkan Nasionalisme Melalui Latihan Bela Negara

By 27 Nov 2014 00:00Kodam IV/Diponegoro
2611201403

Seiring berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya di dunia Pendidikan, dikhawatirkan sikap Nasionalisme generasi muda Indonesia khususnya wilayah Korem 073/Makutarama semakin memudar. Sikap Nasionalisme itu sendiri adalah Sikap loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya yang ditujukan melalui sikap mental dan tingkah laku individu dalam masyarakat untuk bersama sama menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman dalam dan luar negeri.

Dari hal tersebut, Korem 073/Makutarama melaksanakan Pelatihan Bela Negara bertempat di Mako Yonkav-2/Tank Ambarawa. Danrem Kolonel Kav Bueng Wardadi, S.I.P., M.H. selaku Inspektur Upacara secara resmi membuka pelaksanaan Pelatihan Bela Negara yang diikuti 136 mahasiswa PTN/PTS diwilayah Korem 073/Makutarama. Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono dalam amanatnya yang sampaikan Danrem yaitu “Mahasiswa perlu memahami konsepsi Wawasan Nusantara dan sistem pertahanan negara secara utuh dan benar agar tumbuh menjadi pribadi yang cinta dan bangga terhadap tanah air sendiri. Pemahaman konsepsi pertahanan negara dalam implementasinya bukan hanya dimiliki oleh TNI tetapi juga harus dimiliki segenap komponen bangsa dan seluruh rakyat Indonesia termasuk mahasiswa”. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut dijadwalkan kepada para peserta pelatihan menerima 2 macam materi, yaitu materi Pengetahuan dan materi Keterampilan. Materi Pengetahuan meliputi Proxy War, Bela Negara dan Wasbang, Kepemimpinan dll, kemudian untuk materi Keterampilan meliputi PBB, Menembak, Jalan Peta, Karya Bhakti dll. Dalam Pelatihan ini, Danrem memberikan materi Proxy War kepada para pesera pelatihan di ruang kelas yang sudah disediakan.

Hadir dalam kegiatan, Perwira Kodam IV/Diponegoro, Perwira Korem serta Dankasatdisjan Korem 073/Makutarama dan Perwira Yonkav-2/Tank.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tingkatkan Nasionalisme Melalui Latihan Bela Negara