TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TINGKATKAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS TNI-POLRI

By 19 Nov 2014 00:03Kodam IX/Udayana
blog email

Dalam upaya untuk meningkatkan Sinergitas dan soliditas TNI-POLRI dalam rangka mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah hukum provinsi Bali, POLDA BALI dan Kodam IX/Udayana menggelar coffee morning, pada Selasa (14/11) bertempat di Gedung Kemala Hikmah Polda Bali.

Acara ini dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Dan Lanal Denpasar, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalakdam IX/Udayana dan para pejabat utama Polda Bali dan jajarannya serta para Perwira undangan lainnya. Adapun acara pokok dalam kegiatan coffee morning ini diawali dengan sarapan pagi dilanjutkan secara berturut-turut arahan dari Pangdam IX/Udayan Drs. AJ. Benny Mokalu,SH, arahan Kabinda Bali, Brigjen TNI Wahyu Sapto Nugroho, dan sebelum acara penutup diisi dengan dialog dan Tanya jawab.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana menyampaikan arahan yang pada intinya menyampaikan tugas pokok TNI dihadapkan dengan perkembangan sosial budaya, ekonomi dan politik yang sangat pesat serta berbagai dampak dari era globalisasi pada masyarakat menimbulkan berbagai permasalahan bangsa yang semakin kompleks, eskalasi politik semakin tinggi sangat mempengaruhi kondisi pertahanan negara.

Prediksi ancaman yang potensial dan faktual saat ini antara lain isu politik dan ekonomi nasional. Masalah bencana alam, dampak pemanasan global, aksi kelompok radikal, konflik horizontal dan gerakan separatis, pelanggaran daerah perbatasan sampai dengan menipisnya rasa nasionalisme atau wawasan kebangsaan. Oleh karena itu tidak berlebihan apabila dalam rangka mewujudkan Indonesia yang aman dan damai khususnya Bali, mau tidak mau kita harus memprioritaskan penanggulangan permasalahan yang ada dalam rangka menjaga kedaulatan negara. Sudah bukan jamannya lagi kita menempatkan ego sektor di masing-masing institusi dalam menjalankan tugas dan kewenangan. Diperlukan adanya koordinasi yang baik dan intensif dalam setiap pelaksanaan tugas pokok, untuk itu tidak ada kata lain selain sinergitas dan harmonisasi antara TNI-Polri bersama seluruh komponen masyarakat lainnya dalam menegakkan kedaulatan. Berbagai permasalahan yang melilit bangsa kita khususnya Bali, memerlukan jawaban mutlak dan tak boleh diabaikan. Kata kunci dari jawaban untuk mengurai permasalahan tersebut adalah sinergitas antara TNI dan Polri, mulai dari tingkat bawah hingga pimpinan.

Selanjutnya Pangdam juga menghimbau masyarakat agar memberikan rasa aman bagi para pengunjung baik domestik maupun manca negara sehingga apapun yang dilihat dan didengar dapat disampiakan kepada masyarakat pula.

Sedangkan informasi tentang daerah perbatas RI-RDTL, kegiatannnya melaksanakan pengamanan dan pengawasan yang melekat dilakukan oleh pengaman perbatasan yang ditugaskan dengan melaksanakan patroli bersama dengan pengaman RDTL.

Demikian arahan yang disampaikan oleh Pangdam IX/Udayana pada acara coffee morning yang dilaksanakan di Gedung Kemala Hikmah Polda Bali dapat berjalan dengan lancar dan sangat komunikatif.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVI/Patimura Kodam II/Sriwijaya Kostrad Artikel Tips Kesehatan Puspen TNI
Sort by

TINGKATKAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS TNI-POLRI