TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

WARGA KODAM IKUTI SAFARI BINTAL

By 27 Nov 2014 00:25Kodam IX/Udayana
SAFARI BINTAL 1

Anggota Kodam IX/Udayana khususnya satuan yang berada di wilayah Denpasar mengikuti ceramah/Safari Bintal yng disampaikan oleh Kapus Bintal TNI pada Rabu (26/11) bertempat di Gedung Serba Guna Korem 163/Wira Satya.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro, diwakili oleh Aspers Kasdam IX/Udayana, Kolonel inf Robertus N Dona, membacakan sambutan tertulis Pangdam IX/Udayana, menyampaikan, pembinaan mental TNI merupakan bagian integral dari pembinaan prajurit TNI yang meliputi tiga unsur pokok, yaitu fisik (jasmani), intelektual dan mental. Ketiga unsur yang ini harus dibina secara serasi, selaras dan seimbang, sehingga fisik menjadi kuat, pikiran menjadi cerdas dan demikian juga mental akan tangguh. Prajurit TNI yang bermental tangguh adalah prajurit TNI yang berakhlak mulia, nasionalis dan militan sehingga ia siap untuk bertempur ataupun melaksanakan tugas sehari-hari.

Selanjutnya pembinaan mental sangat diperlukan mengingat kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini terutama di bidang teknologi informasi ternyata telah mempengaruhi pola kehidupan masyarakat termasuk prajurit TNI, sehingga mendorong terjadinya pelanggaran. Untuk itu, Pangdam memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan Safari Bintal seperti ini. Kegiatan ini sangat tepat dihadapkan pada tugas pokok kita ke depan semakin berat dan kompleks, sementara realitas di lapangan membuktikan bahwa masih banyak personel melakukan pelanggaran disiplin antara lain THTI, insubordinasi, susila, laka lalin, narkoba dan perkelahian. Demikian tegas Pangdam.

Demikian pentingnya pembinaan mental ini sehingga Pangdam menekankan kepada seluruh Perwira sebagai unsur pimpinan di masing-masing satuan agar menyimak dengan sungguh-sungguh ceramah Kapusbintal TNI yang mengangkat tema ”Membangun mental tangguh prajurit TNI untuk keberhasilan tugas pokok”. Manfaatkan waktu yang singkat dengan seefektif mungkin serta ciptakan suasana komunikatif dengan menanyakan apabila ada hal-hal yang belum dipahami.

Kemudian Kapus Bintal TNI, Laksamana Pertama Muchammad Richad,S.H. menyampaikan materi dengan topik “ Membangun Mental Tangguh Prajurit TNI Untuk Keberhasilan Tugas Pokok”. Jadi ada tiga hal pokok yang menjadi formula untuk membangun mental prajurit antara lain dengan Pembinaan Rohani yaitu dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Beribadah dan berakhlak mulia. Kemudian Pembinaan Mental Ideologi yaitu berpegang teguh pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, bersifat nasionalis dan setia kepada NKRI. Kemudian yng ketiga adalah Pembinaan Tradisi dan Kejuangan dengan menegakkan tradisi satuan, memupuk rasa rela berkorban, memiliki militansi dan pantang menyerah.

Demikian acara safari Bintal dapat berjalan dengan lancar dihadiri oleh para pejabat utama Kodam IX/Udayana, Lanal Denpasar dan Lanud Ngurah Rai. (Pendam IX/Udayana)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

WARGA KODAM IKUTI SAFARI BINTAL