TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yonif 111 Raider Melatih Resimen Mahasiswa Cot Kalla Kota Langsa

By 27 Nov 2014 04:02Kodam Iskandar Muda
Copy of DSC_0193

Sejarah Resimen Mahasiswa, Pada tahun 1959 sesuai dengan keputusan Pangdam III Siliwangi maka pada saat itu mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti Wajib Latih Mahasiswa (WALAWA). Pembentukan Walawa dilatarbelakangi adanya pergerakan DI/TII. Walawa diikuti oleh 960 mahasiswa di Bandung dan pelaksanaannya tanggal 13 Juni 1959 dijadikanlah sebagai berdirinya Resimen Mahasiswa yang ditandai dengan upacara Deville oleh Bapak A. H. Nasution dan diberi nama Mahawarman.

Untuk itu sebanyak 46 orang mahasiswa yang tergabung dalam Resismen Mahasiswa mengikuti kegiatan latihan dan didik di Yonif 111 Raider, kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dengan didampingi serta di latih oleh prajurit Yonif 111 Raider yang sudah menguasai semua materi yang akan di latih dan didik kepada Resimen Mahasiswa Cot Kalla Kota Langsa.

Pasi 2 Ops Kapten Inf Trijuan Danarjati selaku Koordinator mengatankan kegiatan ini sangat berguna bagi generasu muda khususnya untuk menjadi contoh bagi rekan-rekanya di dalam kampus untuk berbuat yang terbaik, kegiatan berorganisasi sangat positif namun tetapi jangan terlena sehingga tujuan utama untuk belajar terabaikan, ini tidak di harapkan.

Resimen mahasiswa adalah salah satu organisasi independen yang ada di Sekolah Tinggi Teknologi Testil Bandung. Organisasi ini berdiri berlandaskan keputusan Pangdam III Siliwangi No. 40-25/S/1959 tentang Wajib Latih Mahasiswa perguruan tinggi di Bandung. Kemudian diperkuat dengan Keputusan Bersama Menteri PTIP, Mendikbud, Menhankam dan Mendagri pada tahun 1963, dan yang terakhir dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama tiga menteripada tahun 2000, yaitu Mendiknas, Menhankam dan Mendagri dan Otonomi Daerah nomor : KB/14/M/X/2000, nomor : 6/U/KB/2000, dan nomor : 39A tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa di Indonesia.Keberadaan Resimen Mahasiswa di kampus adalah sebagai wadah mahasiswa untuk turut berperan serta dalam usaha bela Negara, karena sebagai warga negara kita mempunyai hak dan kewajiban dalam hal bela negara. Resimen Mahasiswa di kampus STT Tekstil merupakan satuan kompi yang tergabung dalam Batalyon VI bersama satuan-satuan dari perguruan tinggi lain seperti STMIK AMIK, STMIK Bandung, Universitas Widyatama, STBA ABA Yapari, STIE Tridharma, dan STT Mandala.

Pendidikan Berjenjang Pendidikan Dasar : Kursus Kader Pelaksana, Kursus Kader Pemimpin Kursus Pelatih, , Pendidikan SAR, Pendidikan Khusus, Kursus Menembak. Pendidikan dan latihan resimen mahasiswa Pra Pendidikan Dasar (Pra DikSar), Pendidikan dan Latihan Dasar (DikLatSar). Banyak Materi yang diberikan disini, berikut beberapa yang ; diajarkan : Penggunaan Senpi (Pengenalan senjata & Bongkar Pasang Senjata), Baris-Berbaris, Mountenering, Survival, Senam Senjata, Bela diri Militer, Halang Rintang dan Out Bond.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Yonif 111 Raider Melatih Resimen Mahasiswa Cot Kalla Kota Langsa