Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Yonif 643/Wanara Sakti Pelatihan Bela Negara Kepada Karyawan PLTU Sanggau

Dibaca: 3126 Oleh 18 Nov 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Anjongan, Batalyon Infanteri 643/Wanara Sakti merupakan Batalyon Infanteri yang berada dibawah komando Korem 121/Alambhana Wanawwai, yang memiliki dislokasi tempat pada provinsi Kalimantan Barat di 3 (tiga) Kabupaten yakni Mempawah, Kuburaya dan Ketapang.

Dalam kegiatan pelatihan bela negara kepada komponen bangsa dengan tujuan agar memiliki disiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, pantang menyerah dan rasa bangga sebagai warga Negara Republik Indonesia, kegiatan diselenggarakan di Mako Yonif 643/Wanara Sakti selama 2 minggu dengan peserta karyawan PLTU Sanggau.

Adapun materi-materi yang diberikan dan dapat menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan, kebersamaan, kepercayaan diri, disiplin, berani, tanggap pada situasi serta beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa antara lain :
a. Ceramah meliputi : Proxy War, Bela Negara,Wawasan Nusantara, Kepemimpinan, dan Pengetahuan Organisasi TNI.
b. Lapangan meliputi : Psikologi Lapangan/Out Bound, Mountainering, Caraka Malam, Renungan malam, Karate, Lempika, Navigasi Darat, Permildas/PBB, Kesehatan Lapangan, Pionir, HTF, dan Karya Bakti.

Peserta tidak hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat materi yang diajarkan namun peserta bela negara berbaur dengan prajurit yonif 643/Wanara Sakti guna menumbuhkan solidaritas antara TNI dan Rakyat dengan mengikuti kegiatan satuan antara lain : Senam, Apel, Makan bersama Prajurit, dan kegiatan keagamaan bersama Prajurit.

Baca juga:  Personel Satgas Yonif 144/JY Bantu Tenaga Medis Posyandu di Mensiau

Kegiatan Penyelenggaraan pelatihan bela negara yang dilaksanakan oleh Yonif 643/Wanara Sakti memiliki sasaran antara lain : Terjalinnya hubungan baik TNI dengan rakyat, Timbul kecintaan TNI terhadap Rakyat dan Rakyat terhadapTNI, Sebagai pintu gerbang TNI untuk komunikasi baik dengan rakyat.

Tersosialisasinya wawasan kebangsaan sehingga memiliki : Rasa Nasionalisme, wawasan kebangsaan dan Cinta tanah air, Kewaspadaan Nasional dan ketahanan Nasional, Terbentuknya mitra TNI AD/Jaring Teritorial, Terciptanya komunikasi yang baik dengan peserta latihan, dan Terbentuknya kerjasama yang solid antara TNI dan Masyarakat.

Terbentuknya sikap mental seluruh komponen bangsa, antara lain : cerdas, kritis, kreatif, proaktif, disipilin, bertanggung jawab, tahan uji, pantang menyerah dan rasa bangga sebagai warga Negara Republik Indonesia. Terbentuknya sikap dan perilaku seluruh komponen bangsa antara lain : Menghargai nila-nilai kesehatan dan memiliki fisik yang kuat, tangkas, terampil sehingga memiliki kepercayaan diri. (Yonif 643/Wanara Sakti)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel