TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yonkav 11/Serbu Laksanakan Uji Kenaikan Sabuk Yong Modoo

By 05 Nov 2014 17:11Kodam Iskandar Muda
Presentation1

Komandan Batalyon Kavaleri 11/Serbu Letkol Kav Dedi Safrudin  didampingi para Perwira Staf dan Danki Yonkav 11/Serbu menyaksikan ujian kenaikan sabuk Bela Diri Militer (BDM) Yong Moo Do dari sabuk kuning ke sabuk hijau. Uji kenaikan sabuk/tingkat tersebut di ikuti 50 orang personel Yonkav 11/Serbu.

Letkol Kav Dedi Safrudin menyampaikan Kebijakan pimpinan TNI – AD yang menjadikan seni beladiri Yong Moodo sebagai beladiri militer saat ini. Beladiri yang berasal dari Korea ini, sangat dipahami betul oleh prajurit Yonkav 11/Serbu sebagai suatu perintah yang harus dilaksanakan dan berusaha untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan guna mendukung tugas pokok satuan. Oleh karena itu satuan Yonkav 11/Serbu telah memprogramkan jadwal pelaksanaan latihan beladiri Yongmoodo secara rutin dan terjadwal setiap minggunya.

Tujuannya  uji kenaikan sabuk ini untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi dan teknik dalam latihan Yong Moodo yang selama ini dilaksanakan. Bagi yang lulus dalam ujian ini akan dinaikkan sabuknya setingkat lebih tinggi dari sabuk semula.  Penguasaan BDM Yong Moodo atau karate merupakan hal sangat mendasar dan suatu tuntutan bagi setiap prajurit agar memiliki kemampuan fisik, bermental baja, berdisiplin, dan berdedikasi tinggi. ini merupakan program komando yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dalam mengemban tugas di masa mendatang.

Dalam ujian kenaikan sabuk, materi yang diujikan meliputi : Nakbob (jatuhan), Bhalchagi (tendangan), Son Gisul (Kuncian), Mom Gisul (bantingan) dan Gibonjase (rangkaian gerak berurutan). Seluruh materi sabuk hijau harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit Yonkav 11/Serbu agar dapat lulus mendapatkan sabuk hijau. Uji kenaikan sabuk hijau bukan hanya sekedar melaksanakan gerakan demi gerakan tetapi harus dapat menguasai dan mahir sehingga dapat dipertanggungjawabkan dalam melaksanakan tugas pokok sebagai prajurit Yonkav 11/Serbu.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Yonkav 11/Serbu Laksanakan Uji Kenaikan Sabuk Yong Modoo