TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Evakuasi Pendaki Gunung Gamalama

By 22 Dec 2014 21:25Kodam XVI/Patimura
Evakuasi P.Gunung Gamalama 1

Kodim 1501/ternate bersama tim dari Basarnas, Tagana dan masyarakat melakukan upaya evakuasi para pendaki yang terjebak di sekitar puncak Gunung Gamalama yang saat ini sedang erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik sejauh 2 Km.

Tim yang dipimpin Danramil Kota Kapten Inf Eko melakukan evakuasi menggunakan jalur dari Kel. Marikrubu Kec. Ternate Tengah Kota Ternate dikarenakan tracknya yang tidak terlalu terjal serta memudahkan proses evakuasi. Setelah 6 jam melakukan penelusuran track pendakian ditemukan 6 orang pendaki yang tengah dalam keadaan lemah dan beberapa orang mengalami patah tulang kaki dan tulang belakang akibat terkena hempasan batu dari kawah gunung. Kemudian tim membawa seluruh korban dengan cara ditandu menuju pos terdekat yang dapat diakses dengan kendaraan, pukul 18.20 WIT tim evakuasi telah kembali ke pos Marikrubu dan seluruh korban dilarikan ke RSUD Chasan Boesorie untuk mendapatkan perawatan medis.

Dalam konfrensi pernya Kapenrem 152/Bbl mengatakan bahwa kegiatan evakuasi berlangsung dengan aman dan lancar dikarenakan para pendaki berada pada satu titik persembunyian hingga memudahkan proses evakuasi, selain itu kegiatan penanggulangan bencana alam merupakan bagian dari tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) oleh karena itu TNI khususnya Korem 152/Bbl beserta jajaran selalu siap siaga mengantisipasi setiap perkembangan situasi bencana alam. (Penrem 152/Babullah)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Evakuasi Pendaki Gunung Gamalama